Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 22 Maret 2021

Pasmar 2 Lakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas


KABARPROGRESIF.COM: (Sidoarjo) Komanda Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., bersama para pejabat utama Pasmar 2 melaksanakan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di depan Mako Pasmar 2 Kesatrian Marinir Moekijat Gedangan Sidoarjo, Senin (22/03/2021).

Dalam sambutannya Komandan Pasmar 2 mengatakan bahwa sebagaimana diketahui dalam rangka upaya pembangunan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani yang berbasis integritas, pemerintah melalui Kemenpan dan Reformasi Birokrasi telah menerbitkan peraturan Menpan dan Reformasi Birokrasi nomor 60 tahun 2012 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang telah direvisi dengan peraturan Menpan dan Reformasi Birokrasi nomor 52 tahun 2014. Pedoman ini menjadi panduan bagi seluruh aparatur pemerintah dan pihak terkait dalam rangka pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Pencanangan pembangunan zona integritas adalah satu tahapan pertama dalam pembangunan zona integritas yang dilaksanakan melalui deklarasi/pernyataan dari pimpinan suatu instansi pemerintah yang menyatakan bahwa instansinya telah siap untuk membangun zona integritas. 

Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Predikat tersebut didapat dengan melalui beberapa tahapan dalam pembangunan zona integritas.

Proses pembangunan zona integritas difokuskan pada penerapan program manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen sdm, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersifat konkrit.

Di akhir sambutannya Komandan Pasmar 2 menegaskan bahwa dengan pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan Pasmar 2 ini, menunjukkan komitmen Pasmar 2 dalam upaya pencegahan korupsi yang dilakukan melalui pendekatan yang proaktif, kontinyu dan komprehensif. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government). (Dispen Kormar)

0 komentar:

Posting Komentar