Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 19 November 2013

Pemkot Apresiasi Kecamatan Responsif KB


KABARPROGRESIF.COM : Partisipasi warga di Kota Surabaya dalam menyukseskan program Keluarga Berencana (KB) melalui kesetaraan gender, mendapatkan apresiasi positif dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Apresiasi Pemkot Surabaya kepada masyarakat yang selama satu tahun ini telah bersusah payah untuk mencapai target yang ditentukan, diwujudkan dalam acara Gebyar KB di area Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (17/11)

Ratusan ibu-ibu dan bapak-bapak dari 31 kecamatan di Kota Surabaya, hadir di acara bertemakan gebyar KB menuju masyarakat Surabaya sejahtera tahun 2014 tersebut. Mereka mengenakan berbagai kostum menarik dengan warna dan dekorasi yang unik. Sebelum acara, mereka mengikuti lomba parade dan yel-yel KB. Acara ini memang dikemas sebagai kegiatan senang-senang bagi kader KB Kota Surabaya yang telah bekerja keras selama satu tahun ini.

Asisten IV Sekkota Surabaya, Eko Hariyanto dalam sambutannya mengapresiasi peran serta masyarakat dalam menyukseskan tiga program Pemkot Surabaya di bidang KB. Yakni kesetaraan gender, pekan srikandi yang merupakan pemberdayaan ekonomi oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) dan juga gebyar KB. Tiga program ini sukses dijalankan.“Itu tidak lepas dari peran serta warga di wilayah kecamatan masing-masing,” tegas Eko Hariyanto yang dismabut tepuk tangan ibu-ibu yang hadir.

Dijelaskan Eko, hampir semua kecamatan dari total 31 kecamatan di Kota Surabaya, sudah memenuhi target. Apalagi, Pemkot Surabaya memang punya cara tersendiri untuk bisa memotivasi peran serta tiap kecamatan. Diantaranya melalui lomba-lomba. Untuk program kesetaraa gender, Pemkot Surabaya tiap tahun memberikan gender award pada kecamatan yang responsif.“Saya tidak tahu apakah semua kecamatan sudah memenuhi target. Tetapi bagi kecamatan yang belum, paling tidak menjadi catatan bagi camat agar mengerahkan warganya untuk lebih aktif melaksanakan program KB ini,” sambung Eko Hariyanto.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas KB) Kota Surabaya, Nanis Chaerani mengatakan, acara gebyar KB ini merupakan puncak acara yang selama ini dilaksanakan. Menurutnya, untuk tahun 2013 ini, target sudah tercapai. “Alhamdulillah, tahun ini melewati target. Kesetaraan gender di Surabaya sudah bagus. Banyak bapak-bapak yang sekarang tidak segan untuk berpartisipasi dalam hal KB. Untuk Pekan Srikandi, kami membentuk, melatih dan meminta tampil bagaimana mendampingi KSM, bisa memasarkan produk yang cantik sehingga eksis,” jelas Nanis.

Dalam kegiatan tersebut, juga diberikan sejumlah penghargaan kepada kecamatan yang dinilai berprestasi. Diantaranya program KSM kategori makanan yang dimenangkan oleh Kecamatan Bubutan, lalu KSM handycraft yang dimenangkan Kecamatan Sukomanunggal. Kemudian ada lomba top jingle KSM yang dimenangi Kecamatan Sawahan, PKBN inovatif dimenangi oleh Kecamatan Tandes.

Sementara untuk penghargaan bergengsi yakni kecamatan responsive gender, dimenangi oleh Kecamatan Benowo, diikuti Kecamatan Wonokromo dan Kecamatan Mulyorejo. Sedangkan untuk kecamatan responsive KB 2013, dimenangi oleh Kecamatan Sawahan yang memiliki MOP dan MOW tertinggi. Sebelumnya, penghargaan ini dua tahun berturut-turut dimenangi oleh Kecamatan Tandes.

Camat Sawahan, Muslich Hariadi mengaku bangga dengan prestasi yang diraih kecamatan yang dipimpinnya. Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak lepas dari antusiasme kader-kader KB di Kecamatan Sawahan untuk menyampaikan kepada warga tentang pentingnya ber-KB.“Sebenarnya ndak menyangka. Pokoknya kita bekerja. Setiap kali ada pertemuan kita sampaikan. Kita sampaikan banyak orang tua punya anak ditelantarkan.  Kalau orang tuanya ndak bisa mendidik anak dengan baik, kan malah jadi persoalan. Makanya KB itu sangat penting,” ujarnya. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar