Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 08 Oktober 2018

Lantamal VI Adakan Trauma Healing Teehadap Pengungsi Korban Gempa Tsunami Palu Di Makassar


KABARPROGRESIF.COM : (Makassar) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) mengadakan kegiatan Trauma Healing kepada para pengungsi yang selamat (Penyintas)  bencana alam tanah longsor, gempa dan tsunami yang terjadi di Kabupaten Donggala, Sigi dan kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), sabtu (06/10/2018).

Kegiatan terapi meditasi dan beberapa terapi bermain kelompok ini dilaksanakan di lapangan tenis Mess Nala Lantamal VI Makassar yang dipimpin langsung oleh Mayor Laut (P) Dudung.

Adapun jenis permainan yang dilaksanakan yaitu Ice Breaking untuk mencairkan suasana berupa Senam otak untuk kesiapan kegiatan, Peregangan fisik, Senam gembira, hitung pada angka ke 5 ganti kata buzzz (konsentrasi ringan), transfer hu─║lahope, pemburu dan tupai (Untuk menemukan individu yg msh mengalami trauma) serta materi Opo side, tali siang dan meditasi stabilitas emosi dengan teknik 5 jari.
 
“Salah satu contohnya adalah jenis permainan dgn menyebut kata kebakaran, pemburu, banjir, saat menyebutkan kata banjir ditemukan 1 orang anak langsung duduk lunglai dan menangis kemudian kata banjir dihilangkan lalu anak tersebut berdiri dan mengikuti kegiatan selanjutnya”, ujar Mayor Laut (P) Dudung.

Maksud dan tujuannya diadakan kegiatan trauma healing ini adalah mengurangi serta mencegah munculnya dampak psikologis yang lebih buruk lagi dari bencana atau situasi sulit lainnya dan memperkuat proses pemulihan psikologis para penyintas pasca bencana tanah longsor, gempa dan tsunami yang melanda provinsi Sulteng minggu kemarin, tambahnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar