Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 26 Oktober 2018

Demi Cerdaskan Anak Perbatasan, Tiap Hari Harus Seberangi Sungai


KABARPROGRESIF.COM : (Kapuas Hulu) Tugas pokok Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) adalah menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan melaksanakan patroli patok-patok batas Negara secara rutin, juga melakukan pencegahan terhadap kegiatan ilegal di perbatasan. Selain itu juga melaksanakan pembinaan teritorial kepada masyarakat yang ada diwilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia Batalyon Infanteri 320/Badak Putih yang ada di Pos Pamtas Klawik, Dusun Klawik, Desa Labian Irang, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar, Selasa (23/10).

Salah satu anggota Pos Pamtas Klawik, Praka Nanang Agus selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai penjaga kedaulatan Negara juga membantu mencerdaskan anak-anak Dusun Klawik dengan menjadi tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri 04 Bakul.

Ini semua dilakukan oleh Praka Nanang Agus karena terbatasnya jumlah guru yang ada di SD Negeri 04 Bakul, juga atas program dari Dansatgas Pamtas Yonif 320/BP, Letnan Kolonel Inf Imam Wicaksana. Yaitu untuk membantu segala kesulitan yang dialami oleh masyarakat sekitar Pos Pamtas.

Keikhlasan dan ketulusan dari Praka Nanang untuk turut memberikan pendidikan pada anak-anak dusun Klawik tidak dibarengi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Terlebih dengan infrastruktur jalan, setiap hari Praka Nanang harus menyeberangi sungai Dusun Klawik untuk menuju Ke SD Negeri 04 Bakul bersama anak didiknya dan setiap pagi dia harus menyeberangkan anak-anak yang mau berangkat ke sekolah.

“Pada saat musim hujan, sungai ini relatif sulit untuk diseberangi karena air meluap dan arus besar”, ujar Danpos Pamtas Klawik Sertu Zaka Apriansyah.

Dansatgas Pamtas Yonif 320/BP, Letnan Kolonel Inf Imam Wicaksana menyampaikan," Satgas berencana membuat jembatan untuk memudahkan anak-anak Dusun Klawik pergi ke sekolah ".

"Saat ini kami sedang mengupayakan pembuatan jembatan agar anak-anak dan masyarakat mudah menyeberangi sungai ", ungkapnya. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar