Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 26 Oktober 2018

Tari Paduppa dan Anggarau Sambut Kedatangan Pangkoarmada II di Lantamal VI Makassar


KABARPROGRESIF.COM : (Makassar) Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si  di dampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II (KDJA II) Ny. Dien Mintoro Yulianto  tiba di kota Makassar dalam rangka rangkaian  kunjungan kerja di Lantamal VI Makassar,  Kamis (25/10/2018).

Kedatangan Pangkoarmada II dan KDJA II    disambut langsung oleh Danlantamal VI  Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M.Tr (Han) dan Ketua Korcab VI DJA II Ny. Risanti Dwi Sulaksono beserta perwira Lantamal VI lainnya

Dalam acara penyambutan tersebut dimeriahkan dengan pertunjukan   Tari Paduppa (tari selamat datang), budaya adat Angngaru (Janji Setia) dan pengalungan kain sutra .

Pangkoarmada II sangat berterima kasih atas sambutan yang diberikan. "Sambutan yang sangat hebat,  tidak pernah terfikir sebelumnya,  siang ini disambut  dengan menampilkan simbol keberanian dan kepahlawanan  Makassar yang sangat hebat, terima kasih," ujarnya.

 Danlantamal VI Makassar menguncapkan bahwa tari sambutan dengan angngaru' merupakan simbol adat Bugis-Makassar dahulu dalam menyambut rajanya. Menurutnya, angngaru' menjadi tanda jaminan keamanan selama tiba di daerah tujuan raja sampai kembali meninggalkan daerah tersebut.

"Angngaru' ini menjadi sumpah setia kepada raja, akan mati mendahuluinya jika ada yang berani menganggu rajanya," ujarnya.

Danlantamal VI  juga menjelaskan tentang penyambutan dengan Tari Paddupa di mana beras dilemparkan. Menurutnya, hal ini menjadi simbol jaminan kenyamanan terhadap tamu. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar