Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 02 Februari 2017

Arus Ekspor dan Import PT.TPS Tahun 2016 Mengalami Peningkatan 2 Persen



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Sepanjang Tahun 2016 arus petikemas  ekspor impor di PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) secara total naik 1.6% dan tahun 2015.

Pencapaian tersebut diperoleh dari arus Petikemas intemasional mencapai 1,241,225 Teus naik 2.3% dibanding tahun lalu pada periode yang sama petikemas domestik sebanyak 156,203 Teus 4% turun sedikit daritahun lalu.

"Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari para stakeholder yakni PT Pelabuhan lndonesia ill (Persero) dan Dubai Port World serta tak kalah pentingnya adalah seluruh Karyawan TPS yang telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan untuk memperlancar arus logistik nasional." kata Dothy, President Director PT TPS disela-seia acara jumpa pers yang diadakan di ruang Java Lt. 2 gedung administrasi kantomya.

Menurut Dothy, ditengah persaingan dan dibangunnya beberapa terminal petlkemas baru kami harus bisa melakukan terobosan yang inovatif agar tercipta pelayanan yang sesuai dengan keinginan para pelanggan di lingkungan terminal.

" Maka dari ltu, kami akan terus melakukan perbaikan diberbagai aspek pelayanan yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa seperti layanan pengurusan dokumen dan customer service yang telah dibuka 24 jam, dimana sebelumnya hanya dibuka pada pukul 08.00 hingga 20.00 wib setiap hari." terangnya.

Dothy menambahkan, Seiain itu, elektrifikasi Container Crane (CC) dari diesel ke motor listrik, dimana saat ini dua unit CC yaitu CC 01 dan CC 10 telah bertransfonnasi menjadi CC bertenaga listnk dan total 9 CC yang dimiliki oleh TPS.

" Pendalaman kolam pelabuhan di dermaga intemasional juga telah direalisasikan di tahun 2016 lalu yang semula =10,5 LWS menjadi -13 LWS sehingga sekarang kapal dengan draft hingga -12 LWS dapat dilayani." tambahnya.

Ditempat yang sama William Khoiry  selaku Vice President PT.TPS mengatakan, di Tahun 2017 ini Elektrifikasi CC yang ada di TPS tersebut dalam rangka mendukung kehadiran tiga unit CC baru yang dipesan oleh TPS dan saat ini sedang dilakukan proses unloading yang rencananya akan membutuhkan waktu selama empat hari dan semoga awal maret 2017 sudah dapat mulai beroperasi setelah proses testing dan comisionining CC tersebut memiliki spesifikasi paling tinggi dibanding CC lain yang ada di terminal lainnya di pelabuhan Tanjung Perak.

" Tiga unit crane baru tersebut dapat melayani kapasitas kapal petikemas yang lebih besar. Jika pada umumnya crane di Tanjung Perak hanya dapat menjangkau 13-14 row, dan twin lift, dapat melayani hingga 16 row. Jangkauan itu memungkinkan TPS melayani kapal berkapasitas hingga 3.000 TEUsi Dan di Tahun 2017 semua CC di TPS diharapkan sudah menggunakan motor listrik." jelasnya.

William Khoury menambahkan, Selain tiga unit CC baru, TPS juga akan mulai mengganti proses transaksi pembayaran layanan jasa petikemas dan dermaga melalui online, sehingga tidak ada lagi transaksi manual.

" Melalui Fastpay, nantinya pengguna jasa semakin mudah dalam membayar jasa kegiatan lapangan untuk forwarder dan kegiatan dermaga untuk shipping agent.selain itu,banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pengguna jasa antara lain pembayaran akan menjadi lebih praktis, lebih mudah, dan juga lebih cepat dan tepat." jelas Pria Bule.

M.Sholeh Public Relations PT.TPS memaparkan, diperlukannya berkas berkas tisik yang diisi secara manual tidak perlu lagi mengirim petugasnya ke kantor TPS untuk mengurus pembayaran. Pengembalian dana ke rekening FASTPAY a instan dan otomatis saai TPS menerbitkan invonce (WD) dan dapai langsung digunakan oleh custumer tidak membutuhkan deposit yang dikunci di bank serta yang tak kalah penting tidak tergantung dengan jam kerja bank.

Sejak berdiri dan telah melayani para pengguna jasa petikemas selama 18 Tahun. PT TPS. terus melakukan pembenahan untuk bisa memenangkan persaingan bisnis di masa depan. Salah satunya ikan diiaksanakan pada April 2017 melakukan Rebranding.

" Peremajaan ini merupakan langkah progresif yang meniadi momentum awe! menuiu semangat PT raru yang iebih agresif, meningkatkan kecepatan kerja, fokus dan lebih siap menghadapi igan daiam bisnis bongkar muat petikemas." papar Sholeh.

Menurut Sholeh, PT TPS sebagai terminal operator yang semakin tinggi daya saingnya, baik secara maupun kualitas, TPS mulai bergerak cepat dengan melakukan perubahan mengikuti kebutuhan bisnis ini.

. “ Untuk saat ini fokus dipelayanan dan fasiiitas. Kami akan terus mengoptimalkan aset, baik itu aset Softskiil maupun hardskill." katanya.

tanggung jawab sosial perusahan (CSR) terhadap lingkungan,selama tahun 2016 TPS berperan aktif dalam rangka peningkatan lingkungan di sekitar warga diantaranya Nikah Massal diikuti 21 pasangan, Servis Motor Gratis Customer di haiaman parkir TPS, Pameran UKM Binaan PT TPS dikuti Partisipasi 2 Unit Toilet Container Kepada Pemkot Surabaya di Taman Flora dan Taman Pelangi.

" Pelatihan dan Bhakti Sosial di Lapas Perempuan Malang dalam acara Hari Perempuan Internasional, Operasi Pasar Sembako Murah, Takjii Gratis Untuk Sopir, Buka Bersama Dengan Anak yatim piatu dan Pensiunan, Partisipasi Container Fasum di Taman Balekambang Solo dan Bantuan 2 unit Container Reefer kepada nelayan di Pemkab Trenggalek." pungkas Sholeh (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar