Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 22 Desember 2017

Komandan Kodiklatal Pimpin Peringatan Hari Ibu


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P secara resmi memimpin pelaksanaan peringatan hari Ibu ke 89 tahun 2017 yang dipusatkan di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Peringatan hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember tersebut diikuti Prajurit Anggota Tetap (Antap), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan prajurit Siswa yang tengah menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Prof. DR Yohana Susana Yembise, PH.D dalam Sambutan yang dibacakan Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P menyampaikan bahwa peringatan hari Ibu yang dilaksanakan setiap tahunnya bertujuan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Adapun tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman tenteram damai adil dan makmur sebagai mana di deklarasikan pertama kali dalam konggres perempuan Indonesia pada tanggal  22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya baik dalam maupun di luar negeri.

Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 316 tahun 1959 yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu sekaligus hari Nasional bukan hari libur. Peringatan hari Ibu ini juag menunjukan bahwa kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukanya dengan kaum laki-laki mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.

Sesuai tema Hari Ibu yaitu “Perempuan berdaya, Indonesia Jaya” diharapkan bisa meningkatkan akses ekonomi menuju perempuan mandiri sejahtera dan bebas dari kekerasan. Selain itu perempuan diharapkan mampu meningkatkan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang diantaranya bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar