Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 17 Mei 2022

Bersiap Menjadi Duta Bangsa MTF di Lebanon, KRI Frans Kaisiepo-368 Satkor Koarmada II Laksanakan Latihan Penyiapan Misi


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Dalam rangka menyiapkan KRI Frans Kaisiepo-368 yang akan melaksanakan tugas Maritime Task Force (MTF) di Lebanon. 

Prajurit KRI Frans Kaisiepo-368 melaksanakan Latihan Penyiapan Misi MTF Satkor Koarmada II dalam Tahap Pangkalan dan Tahap Laut, latihan ini merupakan direktif Panglima Koarmada II, Laksda Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.Han kepada Komandan Satkor Koarmada II, Kolonel Laut (P) Andri Kristianto. Senin (16/5/2022).

Dalam latihan ini prajurit KRI Frans Kaisiepo-368 mendapatkan materi klasikal diantaranya Operational General, Operational Tasking ASuW-MIO dan AAW, Area of Maritime Operation (AMO), Maritime Interdiction Operation (MIO), dan Military Air Activity (MAA).

Sedangkan dalam tahap Laut dimulai dengan pengiriman Movement Report Departure, Entering Territorial Water, dan Entering AMO sebagai kegiatan awal on task. Selanjutnya dilaksanakan Operasi Heli untuk melatih Aviation-Maritime Interdiction Operation (A-MIO) guna mengoptimalkan heli dalam melaksanakan Intelligence, Surveillance and Reconnaissance. 

Tahap ini juga diisi dengan prosedur hailing untuk membantu Lebanese Armed Forces Navy (LAF-N) mengamankan wilayahnya dari masuknya material ilegal lewat laut. 

KRI Frans Kaisiepo-368 menerima tugas sebagai MIO Commander dan Anti Air Warfare Commander (AAWC).

Selain itu KRI Frans Kaisiepo-368 juga melaksanakan latihan Replenishment at Sea (RAS) dan Boarding Exercise dengan KRI I Gusti Ngurah Rai-332. 

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 diskenariokan sebagai Vessel of Interest (VOI), dimana LAF-N tidak dapat melaksanakan pemeriksaan, sehingga MTF Commander memerintahkan KRI Frans Kaisiepo-368 untuk melaksanakan boarding. 

Tim VBSS berhasil menggagalkan upaya perlawan dan menemukan senjata ilegal. VOI selanjutnya dikawal menuju Pelabuhan Beirut guna penanganan lanjutan.

“Kegiatan Tahap Laut berjalan dengan baik, seluruh prajurit mengikuti dengan antusias dan dapat mengimplementasikan materi yang didapat selama Tahap Pangkalan. Kami optimis seluruh prajurit KRI Frans Kaisiepo-368 siap mengemban misi MTF”, tegas Komandan KRI Frans Kaisiepo-368, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar