Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 31 Mei 2022

KRI Sultan Hasanuddin-366 Koarmada II Evakuasi Empat Korban Selamat KM Ladang Pertiwi 02 ke Lanal Kotabaru


KABARPROGRESIF.COM: (Padang) KRI Sultan Hasanudin-366 (KRI SHN-366) Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II yang saat ini dalam BKO Guspurla dan Guskamla Koarmada II mengevakuasi empat korban selamat ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru atas tenggelamnya KM Ladang Pertwi 02  di perairan Selat Makasar, Senin, (30/5/2022).

Setelah KRI SHN-366 sandar di Pelabuhan Pelindo III Kotabaru selanjutnya para korban tersebut langsung di bawa ke RSUD Kotabaru untuk penangan lebih lanjut. 

Penyerahan para korban ini juga dihadiri Komandan Guspurla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Denny Prasetyo, Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Edy Setyawan dan Forkopimda Kotabaru.

Keempat korban yang berhasil diselamatkan tersebut adalah  Ibu dan anak atas nama Ibu Nur Hasanah, Adik Misbahul Hasan, serta suami istri, atas nama Suparman dan Ibu Damra setelah sebelumnya diselamatkan oleh KM. Pearl Orchid dan dipindahkan ke KRI HSN-366.

Dalam konferensi pers Komandan Guspurla Koarmada II menyampaikan bahwa KRI SHN-366 telah mengevakuasi empat korban selamat yang merupakan penumpang dari KM. 

Ladang Pertiwi 02, dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan korban, ke empat korban dievakuasi ke Pangkalan TNI-AL Kotabaru karena jarak tempuh lebih dekat dengan lokasi penemuan korban.

Hal ini sesuai perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H., M.A.P., M.Tr. (Han), agar korban KM Ladang Pertiwi 02 di bawa menuju Pangkalan terdekat (Lanal Kotabaru), dari perintah tersebut Komandan Lanal Kotabaru  telah menyiapkan sarana dan prasarana serta berkordinasi dengan instansi terkait dalam memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi korban yang berhasil dievakuasi oleh KRI SHN-366.

Dalam penanganan SAR korban KM Ladang Pertiwi 02 di perairan Selat Makasar, TNI AL Koarmada II menurunkan unsur-unsur antara lain KRI SHN-366, KRI MLH-362, KRI MDU-622, KRI PRP-712. 

Selain melibatkan unsur KRI Koarmada II dalam pelaksanaan SAR ini  juga melibatkan unsur Pesud Cassa U-6207 Puspenerbal dan KRI/KAL dari Lantamal VI Makassar.

Adapun dari data terakhir penanganan 43 korban KM Ladang Pertiwi 02 telah ditemukan 31 orang semuanya selamat dengan rincian 7 orang disematkan TB. Sabang 02 dan di bawa ke Banjarmasin, 10 orang (1 orang diselamtakan TB Cipta 2002,  9 orang oleh  TB. Max) semuanya di bawa ke Takalar Sulsel,  4 orang oleh KRI SHN-366 sudah berada di Kotabaru, 10 orang diselamatkan oleh nelayan setempat, saat ini 6 orang berada di P. Pammantauang dan 4 orang sisanya berada di P. Saliriang.

Hingga saat ini SAR dari unsur –unsur TNI AL  masih berlangsung dan terus di koordinasikan dengan pihak Basarnas dan pihak terkait lainnya dalam melaksanakan pencarian terhadap 12 orang sisa korban KM Ladang Pertiwi 02 yang belum di temukan. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar