Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 31 Mei 2022

Mabes TNI AL Pastikan Kesiapan Satgasmar Ambalat Dan Pulau Terluar


KABARPROGRESIF.COM: (Sidoarjo) Markas Besar TNI Angkatan Laut yang diwakiliki oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, memeriksa kesiapan Operasi Satgasmar Ambalat XXVIII dan Satgas Pam Pulau Terluar XXVI Marinir wilayah timur dan barat, di lapangan apel Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022).

Pemeriksaan kesiapan operasi tersebut untuk mengetahui secara langsung dan meyakinkan kesiapan Prajurit Korps Marinir, khususnya yang tergabung dalam Satgasmar Operasi Pengamanan Ambalat ke XXVIII dan Satgasmar Operasi Pengamanan Pulau Terluar ke XXVI wilayah timur dan wilayah barat.

Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto mengatakan, pemeriksaan kesiapan operasi Satuan Tugas Marinir merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Riksiapops terjadwal.

Hal ini merupakan program kerja staf operasi Mabesal dalam rangka melaksanakan pemeriksaan kesiapan operasi Kotama-Kotama operasi jajaran TNI Angkatan Laut yang meliputi Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III, Kolinlamil, Pushidrosal, Puspenerbal dan Korps Marinir.

“Riksiapops oleh Sopsal juga merupakan tahapan persiapan sebelum nantinya Satgas-Satgas Operasi Kotama jajaran TNI Angkatan Laut tersebut diperiksa kesiapannya oleh Mabes TNI dalam hal ini Asops Panglima TNI,” jelas Asops Kasal.

Disampaikan juga bahwa penugasan Satgasmar Operasi Pengamanan Ambalat ke XXVIII dan Satgasmar Operasi Pengamanan Pulau Terluar ke XXVI wilayah timur dan wilayah barat, merupakan tugas operasi untuk menjaga keutuhan kedaulatan dan integritas NKRI dari segala bentuk ancaman.

“Dari gambaran singkat tentang penugasan dan situasi daerah operasi, maka dibutuhkan Prajurit-Prajurit yang tangguh, yang memiliki kewaspadaan dan kesiapan yang tinggi, Prajurit Petarung yang tidak kenal menyerah dan penuh tanggung jawab, Prajurit Korps Marinir yang memegang teguh dan menjunjung tinggi predikat untuk berhasil dan sukses dalam setiap penugasan,” tegasnya.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan dari Komandan Pasmar 2 di ruang VIP Brigif 2 Marinir.

Dilanjutkan penyampaian paparan tentang kesiapan personel dan material pendukung oleh Komandan Satgasmar Ambalat XXVIII Kapten Marinir Andreas Parsaulian Manalu.

Kemudian dilanjutkan penyampaian paparan oleh Komandan Satgas Pam Puter XXVI Wilayah Timur Lettu Marinir M. Lutfi Safi dan penyampaian paparan oleh Komandan Satgas Pam Puter XXVI Wilayah Barat Lettu Marinir George Vas Basten.

Usai menerima paparan, Asops Kasal didampingi Komandan Pasmar 2 beserta pejabat yang hadir melaksanakan pemeriksaan secara langsung kesiapan personel dan perlengkapan perorangan maupun perlengkapan Satgas yang akan dibawa ke daerah penugasan.

Kegiatan yang dihadiri Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, Asops Dankormar Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Paban II Sopsal Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, Asintel Guspurla Armada II Kolonel Laut (E) Agung Wahyu Minulyo tersebut juga dihadiri Danbrigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung, para Asisten Danpasmar 2, Komandan Kolak Pasmar 2 dan para pejabat lainnya di jajaran Pasmar 2.

0 komentar:

Posting Komentar