Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 23 Mei 2022

Kasguspurla Koarmada II Pimpin Latihan Setingkat L-3 di Perairan Sulawesi


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Kepala Staf Guspurla (Kasguspurla) Koarmada II Kolonel Laut (P) Baharudin Anwar, ST., M.M. memimpin langsung kegiatan latihan setingkat L-3 unsur-unsur yang tergabung dalam Satgasla Opsgab (Satuan Tugas Latihan Operasi Gabungan di Perairan Laut Sulawesi, Senin, (23/5/2022).

Dalam latihan ini melibatkan beberapa unsur KRI dan Pesawat Udara yang berada di Bawah Kendali Operasi atau BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, diantaranya KRI Malahayati-362 (KRI MLH-362), KRI Mandau-621 (KRI MDU-621), KRI Pulau Rupat-712 (KRI PRP-712) dan Pesud U-6212.

Adapun serial latihan yang dilaksanakan meliputi, Leaving Harbour, MFTEX  (Minefield Transit Exercise), DCEX (Damage Control Exercise), ADEX 321 (Air Defence 321/Single Target Designation and Tracking), ADEX 440 (Aircraft Control/Air Joining Procedure), Photoex, Prep Gunex 603 (Prep Gunnery Exercise), Gunnex 603 (Gunnery Exercise), Surfex 992 (Basic Interdiction and Boarding Exerxise/VBSS) dan MISCEX 806 (Replenishment at Sea/Approaches). 

Latihan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk melatih interopabilitas antar unit tugas di bawah Satgasla Opsgab yaitu KRI, Pesud, dan unsur pendukung Lantamal XIII, selain itu juga untuk menguji kesiapan dan kondisi teknis sistem senjata selama operasi dan untuk meningkatkan profesionalisme  Prajurit serta mengukur kesiapan maupun kemampuan tempur unsur-unsur Koarmada II.

Sebagai Komando Pelaksana Dukungan Operasi (Kolakdukops), Lantamal XIII Tarakan akan  mendukung penuh terhadap unsur-unsur baik KRI maupun Pesud TNI AL yang beroperasi di wilayah kerja Lantamal XIII dan dalam latihan unsur Opsgab Lantamal XIII telah berkoordinasi dengan Instansi terkait dari segi dukungan pengamanan agar latihan yang dilaksanakan dapat terselenggara dengan aman dan lancar. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar