Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 20 Mei 2022

Pangkoarmada II Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) selaku Irup upacara memimpin peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, bertempat di Dermaga Madura Markas Komando Armada II. Jum’at (20/05/2022).

Membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate. Pangkoarmada II mengatakan Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. 

“Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema Peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. 

peringatan hari kebangkitan nasional hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja, guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya Nasionalisme Indonesia. 

Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

“Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi Global serta Geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa”. Tegasnya.

Lebih lanjut Pangkoarmada II juga mengatakan momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. pada presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang Inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Di tengah momentum penanganan Nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis Multidimensi yang sedang melanda dunia. dari Indonesia, dunia pulih bersama. ayo bangkit lebih kuat!!!

Turut hadir dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional antara lain para pejabat utama Koarmada II, seluruh Kasatker Koarmada II dan seluruh Komandan KRI yang berada di Pangkalan Surabaya. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar