Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 23 Mei 2022

Wujudkan TNI AL Yang Handal Dan Disegani, Satfib Koarmada II Gelar Latihan Tim Anjungan


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Anjungan/Bridge (Bahasa Inggris) adalah Ruang Komando Kapal, dimana ditempatkan roda kemudi kapal, peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada, dari anjungan inilah Anggota Navigasi dan Perwira Navigasi, mengoperasikan kapal saat berlayar, atau berolah gerak waktu tiba, sandar, atau berangkat. 

Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik kesegala arah.

Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannya Latihan Binopslat Satuan yaitu Latihan Tim Anjungan Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II, guna mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme personel Satfib Koarmada II dalam rangka mendukung tugas yang diemban khususnya prajurit korps pelaut.

Latihan tersebut diikuti oleh seluruh Prajurit Unsur Satfib yang berlangsung selama 3 (Tiga) hari, yaitu pada tanggal 18 sampai 20 Mei 2022 yang bertempat di Puslatlekdalsen Kodiklatal, dengan Tim dari Puslatlekdalsen Kodiklatal sebagai pemberi materi berupa teori dan praktek.

Adapun sasaran latihan tersebut, agar seluruh personil Tim Anjungan mampu dan mengerti prosedur pelaksanaan peran-peran di anjungan pada saat kapal melaksanakan operasi di Laut. 

Materi yang dilaksanakan yaitu materi tentang Peraturan Pencegahan Tubrukan Di Laut (PPTL), materi tentang proskom dan pengenalan peralatan.

Disamping itu Dansatfib Koarmada II Kolonel Laut (P) Imam Purwanto mengatakan, melalui latihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan tim anjungan Unsur-unsur Satfib Koarmada II saat melaksanakan tugas operasi di Laut.

Latihan ini sejalan dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, terkait upaya peningkatan profesionalisme prajurit Koarmada II yang selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni Pembangunan SDM TNI AL yang unggul, serta menjadikan TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar