Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 25 Mei 2022

Amankan IKN Nusantara, Panglima TNI Minta Personel dan Alutsista Ditambah


KABARPROGRESIF.COM: (Yogyakarta) Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sudah mengajukan penambahan personel maupun alat utama sistem persenjataan (Alutsista) untuk pengamanan pada Ibu Kota Negara (IKN).

Di tengah kemungkinan tanpa dukungan ideal, Jenderal Andika menyatakan siap memaksimalkan aset-aset untuk pengamanan IKN.

“Tentang kerawanan IKN, kita sudah mengajukan penambahan kekuatan personil dan alutsista. Meski kemungkinan tidak mendapatkan dukungan ideal, tapi akan akan maksimalkan pengamanan di sana,” papar Jenderal Andika, Rabu (25/5) di UGM Yogyakarta.

Karena sudah sudah menjadi gelar dan penugasan yang diemban TNI, Jenderal Andika memastikan seluruh aset-aset yang dimiliki TNI akan dioptimalkan.

Jika nantinya penambahan baik personal maupun alutsista belum terpenuhi. Maka TNI akan merelokasi personil serta alutsista dari titik yang lain.

Terkait dengan penambahan alutsista, Andika mengaku hal ini sebetulnya sangat kompleks. Bukan hanya terkait dengan penambahan peralatan yang baru, namun juga terkait erat dengan konteks melengkapi.

“Ada juga yang porsi maintenance (perawatan) itu lebih proporsional. Sebetulnya campuran yang mas,” jelasnya.

Menurutnya dalam hal memanage alutsista bukan hanya fokus pada penggunaan namun juga dalam hal pemeliharaan yang sedemikian rupa sehingga masa pakai peralatan lebih lama.

Tapi yang jelas, Jenderal Andika berharap pada pengadaan alutsista periode 2020-2024 diharapkan penggunaan anggaran benar-benar dipergunakan secara efektif (Cost Effective).

“Jadi mengoptimalkan berdasarkan nilai yang diberikan pemerintah,” katanya.

Selasa (24/5), Jenderal Andika Perkasa menyatakan alutsista yang dimiliki Indonesia saat ini masih sangat kurang. Bukan di hanya mantra udara, namun juga mantra darat dan laut.

Meski banyak kekurangan, Jenderal Andika mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang selalu berupaya meningkatkan jumlah alutsista.

0 komentar:

Posting Komentar