Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 25 Mei 2022

Pemkot Palu Targetkan 62.467 Anak untuk Imunisasi dalam Program BIAN


KABARPROGRESIF.COM: (Palu) Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyasar 62.467 anak untuk menerima imunisasi dasar lengkap dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Ilham mengatakan 62.467 anak tersebut berusia di bawah 12 tahun dan diupayakan mengikuti program imunisasi kejar dan tambahan berdasarkan rentan usianya.

"Target kami 95 persen dari jumlah sasaran tersebut dapat menerima imunisasi selama program BIAN. Saya yakin target tersebut dapat terealisasi selama satu bulan lebih karena Pemkot Palu punya 227 posyandu di 46 kelurahan dan 14 puskesmas dengan jumlah antara satu hingga empat tim di tiap puskesmas," katanya, Selasa 24 malam.

Sehingga dalam sehari, lanjutnya, ditargetkan minimal 150 dan maksimal 200 anak menerima imunisasi. 

Bagi anak-anak yang telah sekolah, imunisasi dapat diberikan di sekolah. Bagi anak-anak yang belum sekolah dapat diberikan di posyandu, puskesmas atau di fasilitas kesehatan lainnya.

"Agar cakupan imunisasi di Kota Palu dapat tercapai sesuai target, perlu peran orang tua untuk mengajak dan mendorong anaknya agar mengikuti imunisasi. Kita ingin anak-anak tersebut terlindungi dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi," ujarnya dikutip Antara.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menjalankan tiga strategi dalam program (BIAN).

Salah satu strategi tersebut adalah imunisasi kejar yang mencakup vaksin polio, jenis oral polio vaccine (OPV) atau vaksin tetes dan inactivated polio vaccine (IPV) atau vaksin suntik, dengan tujuan melengkapi status imunisasi balita yang belum atau terlambat diimunisasi sesuai jadwal.

Selain itu, strategi dalam BIAN juga termasuk imunisasi tambahan campak rubella yang bertujuan untuk memberikan dosis tambahan tanpa memandang status imunisasi, serta pelaksanaan perluasan dan introduksi vaksin baru bertujuan untuk menambah kekebalan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar