Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 27 Mei 2022

Satgas RIMPAC 2022 Menerima Pembekalan Asops Kasal


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Mengingat pentingnya Latihan Bersama Multirateral Rim Of The Pacific (Latma RIMPAC) bagi TNI AL, perlu dilaksanakan pembekalan kepada delegasi Latma RIMPAC 2022 yang akan diselenggarakan selama dua hari. 

Bertempat di ruang kelas Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II para peserta Satuan Tugas Latma RIMPAC (Satgas RIMPAC) 2022 menerima pembekalan dari Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) yang di wakilkan Paban 3 Lat Sopsal, Kolonel Laut (P) Daru Cahyo Sumirat, S.E., pada Jum’at (27/5/2022).

Keterlibatan TNI AL dalam Latma RIMPAC merupakan salah satu program antara TNI AL dengan US Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI Angkatan Laut. 

Latma RIMPAC juga dapat memberikan pengalaman langsung kepada TNI AL dalam menguji kemampuan operasi jarak jauh atau Long Range Operations. 

Dalam sambutan tertulis Asops Kasal yang dibacakan oleh Paban 3 Lat Sopsal, Kolonel Laut (P) Daru Cahyo Sumirat, S.E., menyampaikan bahwasannya Latma Multilateral Rim of The Pacific atau biasa di sebut RIMPAC merupakan latihan Angkatan Laut terbesar di dunia, yang diselenggarakan oleh Armada, US Navy dan US Marine Force Pacific dengan melibatkan Angkatan Laut dari Negara-negara di kawasan Indo Pasifik dan bahkan pengamat dari angkatan laut Negara-negara Eropa.

Sebagai latihan Angkatan Laut terbesar di dunia, US Navy menjadikan Latma RIMPAC sebagai salah satu sarana menguji doktrin, taktik, dan prosedur peperangan laut yang terbaru dan kekinian, khususnya dalam Operasi Laut Gabungan dan Operasi Amfibi. 

Selain itu, melalui latihan ini Negara peserta latihan dituntut untuk membuktikan ketahanan operasi alutsistanya mengingat Sea Phase dilaksanakan selama 3 minggu non-stop, tanpa sandar di pangkalan.

Lebih lanjut disampaikan TNI AL sendiri sejak tahun 2006 telah berpartisipasi aktif dengan mengirimkan personel dan alutsistanya dalam latihan tersebut dan pada tahun ini merupakan keterlibatan TNI AL yang ke tujuh dengan rencana mengirimkan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 1 peleton Marinir, serta 3 personel sebagai staf Exercise Control.

Diharapkan melalui kegiatan ini, delegasi Latma RIMPAC 2022 dapat memperoleh gambaran latihan secara riil dari peserta Latma RIMPAC sebelumnya, sehingga dapat menjadi referensi dan bahan masukan untuk Latma RIMPAC Tahun ini dan agar kegiatan tersebut jangan sampai disia-siakan dengan senantiasa bersungguh-sungguh dalam latihan dan agar dapat mengambil manfaat dari latihan untuk digunakan dalam membangun TNI AL yang berkelas Dunia.

Hadir dalam acara pembekalan RIMPAC 2022 antara lain Paban 2 Sopsal, Paban V Straops & Diplomasi Sopsal, Dankolat Koarmada II, Asops Pangkoarmada II, Dansatkor Koarmada II, Dan Satgas Rimpac-22 beserta seluruh Prajurit KRI GNR-332 dan 1 Pleton Marinir. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar