Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 29 Januari 2018

Dandim Demak Hadiri Pelantikan Ansor Demak dan Jateng Masa Khidmat 2017-2021


KABARPROGRESIF.COM : (Demak) Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto menghadiri Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah masa khidmat 2017-2021, sekaligus melantik Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Demak masa khidmat 2017-2021 dengan tema " Rapatkan Barisan hari-hari Esok Adalah Milik Kita ".

Ribuan kader Ansor dan Banser hadir memeriahkan acara pelantikan dan memenuhi komplek Ponpes Girikusumo Mranggen Demak, Sabtu (27/1/2018). Bahkan, Ansor dan Banser dari PC Kabupaten Demak, juga telah menggelar parade dimulai dari Alun-Alun Masjid Agung Demak, menuju Ponpes Girikusumo.

Selain itu, juga hadir memeriahkan rangkaian acara yaitu Marchingband dari Yon Arhanudse - 15 Semarang serta Banser dari GP Ansor Kabupaten Wonosobo. Grup marchingband ini, merupakan salah satu yang terbaik dari banyak grup marchingband Banser yang memiliki keahlian unggul, di Jawa Tengah.

Hadir pula Sekjend PBNU H Helmy Faisal, Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas, Sekjend PP GP Ansor Adung Abdurrochman, Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh, Ketua PCNU Kabupaten Demak KH Muhammad Aminuddin, Ketua MUI Jateng KH Achmad Darodji, KH Munif Zuhri selaku Shohibul Ma’had, mantan Ketua GP Ansor Jateng H Ikhwanudin, dan lainnya.

Termasuk hadir pula tamu penting dari unsur pemerintah yaitu Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, Bupati Demak M Natsir, Unsur TNI dan Polri. Juga hadir organisasi kepemudaan di Jawa Tengah, tokoh lintas agama Romo Aloysius Budi Purnomo Pr, perwakilan Pimpinan Cabang GP Ansor se Jateng, Fatayat dan Muslimat Jateng, IPNU-IPPNU Jateng, Pagar Nusa, dan lainnya.

Prosesi pelantikan PW GP Ansor Jateng dan PC GP Ansor Kabupaten Demak, dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Umum PP GP Ansor oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Jateng Mujiburrachman, dilanjutkan pembaiatan oleh Sekjend PP GP Ansor Adung Abdurrochman.

Dalam amanatnya, Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas, menegaskan bahwa dalam momentum pelantikan ini diharapkan menjadi ghiroh atau semangat baru dalam tubuh GP Ansor.

Selain itu, Gus Yaqut juga menuturkan, bahwa kader Ansor dituntut untuk mandiri dalam menggerakan organisasi maupun urusan pribadi.

“Saya tegaskan, tidak boleh lagi ada kader Ansor keliling bawa proposal, apalagi untuk kepentingan pribadi. Ansor harus Ngaji, Ngader, Makaryo,” tandasnya.

Kemudian, Gus Yaqut juga menginstruksikan, kaderisasi harus terus digalakan. Sebab, saat ini dan di masa mendatang, keberadaan Nahdlatul Ulama (NU) dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tanggungjawab kader-kader Ansor.

Pengasuh Ponpes Girikusumo Mranggen, KH Munif Zuhri berpesan pada para generasi muda NU, untuk terus menjaga ideologi Aswaja an-Nahdiyyah yang secara hakikat sudah dipraktekkan sejak zaman nabi Muhammad SAW.

“Kader muda tak boleh bernafas lega selagi ketidakadilan masih ada. Perlunya melakukan pengkaderan secara terus menerus untuk menghadapi semakin merebaknya faham anti NKRI,” tandas Mbah Munif.

Ketua Umum PP GP Ansor, memberikan ucapan selamat pada pengurus Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa tengah usai dilantik.

Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, H Sholahudin Aly atau Gus Sholah mengatakan, pada masa khidmat 2017-2021 ini, memiliki tantangan yang berat, yakni pemberdayaan kader. Pada periode sebelumnya, melalui kaderisasi dan penataan organisasi, GP Ansor Jateng telah terbentuk di sekitar 400 kecamatan atau Pimpinan Anak Cabang (PAC) aktif.

“Jumlah itu sekitar 69 persen dari jumlah kecamatan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Dan ini akan ditingkatkan terus hingga mencapai 90 sampai 100 persen kecamatan di periode ini,” tegas Gus Sholah.

Sebaran kader dan kepengurusan GP Ansor yang sangat massif tersebut diharapkan menjadi tameng yang tangguh dalam membendung radikalisme, menyebarkan paham Islam rahmatan lil ‘alamin, serta cinta terhadap tanah air.

“GP Ansor Jateng akan berupaya keras memberdayakan dan memajukan anggotanya sehingga bisa terlibat aktif dalam pembangunan di Jateng. Ini yang menjadi tantangan terberat kami,” katanya.

Ia juga menegaskan, bahwa GP Ansor sebagai organisasi kepemudaan sebagai badan otonom NU berbasis kaderisasi, siap bekerja sama dengan semua pihak. Utamanya dalam menjaga kondusifitas Jateng serta memakmurkan rakyat Jateng.

Sementara Bupati Demak H.M.Natsir dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus Ansor, Semoga GP Ansor istiqomah  mengawal para Ulama dan Umaro , mampu menjaga kerukunan antar umat terutama untuk para Ansor sendiri serta bisa menjadi pelopor perdamaian di Demak khususnya dan Indonesia secara luas. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar