Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 14 Maret 2018

HUT Ke 72 Persit Kodim Demak Gelar Tes IVA


KABARPROGRESIF.COM : (Demak) Kodim 0716/Demak mengadakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) secara serentak bagi anggota Persit dan PNS. Langkah ini untuk mengantisipasi berkembangnya kanker leher rahim (serviks) yang sangat urgent di kalangan kaum perempuan.

“Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persit Kartika Candra Kirana ke 72 dan mempunyai tujuan untuk meminimalisir penyakit kanker servik, yang kita ketahui bahwa setiap tahun angkanya terus bertambah untuk itu laksanakan tes IVA serentak kepada Persit KCK sejajaran Kodim 0716/Demak,” kata Dandim 0716/DemakLetkol Inf Abi Kusnianto, Rabu (14/3).

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Persit Kartika Kodim 0716/Demak, Ny Abi Kusnianto. Dalam arahannya mengawali acara tersebut, Ny Abi Kusnianto menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk mengingatkan kembali akan bahaya kanker payudara dan kanker rahim bagi kaum perempuan.

Jika ada yang mempunyai bibit atau sudah menderita penyakit kanker payudara dan kanker rahim, agar segera berobat atau mengikuti program yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut, karena akibatnya bisa fatal jika tidak segera diobati, menurut Ny Abi Kusnianto.

Ditambahkan, bahwa melalui pemeriksaan deteksi dini IVA Test ini, diharapkan bisa mengantisipasi dan mencegah penyakit kanker rahim bagi ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana, Kodim 0716/Demak.

Tes bagi ibu-ibu Persit tersebut digelar di Aula Makodim 0716/Demak yang diikuti oleh sekitar 66 orang. Tes ini menghadirkan tim medis tes IVA dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak yang dipimpin dr.Nanik Eko dari Puskesmas II Gajah.

Dengan dilakukan tes tersebut, Ibu-ibu Persit mengaku gembira lantaran bisa mengetahui kesehatan masing-masing dengan gratis tanpa dipungut biaya.

Tim medis DKK Demak menyampaikan, Tes IVA adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan pemberian asam asetat.

Sedangkan tujuan tes IVA tersebut untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan. Selain itu juga untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

Syarat dilakukannya tes IVA ini antara lain tidak sedang datang bulan atau haid, tidak sedang hamil dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar