Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 28 Mei 2022

Kabupaten Pamekasan Perkuat Ekosistem SDM Ekonomi Kreatif


KABARPROGRESIF.COM: (Pamekasan) Kabupaten Pamekasaan menjadi lokasi kegiatan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2022 yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf). 

Dalam kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan mendorong agar daerah tersebut memperkuat sumber daya manusia (SDM) ekosistem ekonomi kreatif (Ekraf).

"Kabupaten Pamekasan mempunyai potensi hortikultura, industri, dan perdagangan, pariwisata berbasis kearifan lokal. Potensi-potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha pelaku ekraf. Kreativitas, inovasi, dan peningkatan penggunaan tekhnologi akan memperluas jangkauan pasar," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5).

Di samping itu, tambahnya, baru-baru ini Kabupaten Pamekasan menyelenggarakan event yang menampilkan produk fesyen lokal berkualitas internasional yaitu Pamekasan Fashion Week yang akan menjadi agenda tahunan dan sebagai ajang pameran produk ekonomi kreatif dan sebagai ruang untuk mengembangkan jaringan dan pertemuan para pelaku ekraf. 

Kemudian, beberapa program Kabupaten Pamekasan seperti Sepuluh Ribu Pengusaha Baru (Saputangan Biru) dan program Warung Milik Rakyat (WAMIRA Mart).

"Begitu banyaknya potensi ekraf yang dimiliki Kabupaten Pamekasan saya optimis dapat memberikan sumbangsih nyata bagi kemajuan ekonomi bangsa. Untuk Program WAMIRA Mart sendiri bahkan memiliki satu misi yang sama dengan Program Pengembangan Kabupaten/ Kota Kreatif Indonesia, yaitu mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif dan mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan," kata Sandiaga.

Ia juga menekankan workshop ini adalah salah satu langkah untuk mendorong subsektor ekonomi kreatif unggulan di Kabupaten Pamekasan untuk menjadi penggerak bagi subsektor ekraf lainnya. 

Melalui workshop ini juga diharapkan dapat mendorong pelaku ekraf Kabupaten Pamekasan untuk lebih giat melakukan ekspansi pasar melalui media digital sehingga dapat mendorong peningkatan capaian ekonomi, mengakselerasi bangkitnya ekonomi kreatif, menciptakan lapangan kerja.

0 komentar:

Posting Komentar