Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 28 Mei 2022

Mensos Risma Ajak Ikatan Alumni ITB Bantu Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat


KABARPROGRESIF.COM: (Bandung) Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini mengajak Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) membantu pengembangan ekonomi masyarakat ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Kementerian Sosial telah bekerjasama dengan IA-ITB dalam upaya penataan pemukiman dan pemberdayaan Masyarakat Suku Laut di Batam.

"Jadi dengan adanya kegiatan Alumni ITB untuk menciptakan UMKM dengan basis teknologi, akan membantu pemulihan ekonomi karena adanya kesempatan lapangan kerja bagi yang membutuhkan," ujar Risma melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/5/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Risma dalam Halalbihalal IA-ITB yang bertema "Pemulihan Ekonomi melalui Teknologi untuk UMKM”.

Program bersama ini, kata Risma, dilakukan untuk mendapatkan hasil optimal antara pemanfaatan teknologi dan pelestarian budaya Masyarakat Suku Laut.

"Pasca Covid mungkin banyak perusahaan yang bertumbuh, namun tidak akan bisa secepat ketika normal," ucap Risma.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat IA-ITB Gembong Primadjaja menjabarkan program utama IA-ITB pada tahun 2022 terkait tema ini.

Termasuk di dalamnya adalah penerapan teknologi terkait dengan Food, Energy, Water (FEW), produksi dan pemasaran minyak nano atsiri, serta penerapan teknologi di bidang pariwisata (Bali SDG’s walk).

“Selain hilirisasi riset teknologi untuk mendukung UMKM dalam negeri, IA-ITB juga memiliki beberapa program unggulan internasional diantaranya pengembangan kompetensi alumni dan masyarakat untuk bertarung di dunia internasional," kata Gembong.

Selain itu, membangun Metaverse New Istanbul City (kota baru di sekitar Mega Kanal Istanbul), serta pembuatan Indonesian Woman Center di 22 negara yang tahun ini akan dimulai di 6 kota termasuk di antaranya Washington DC, Brisbane, Tokyo, Seoul, Berlin, dan Istanbul.

“2022 melalui UMKM, IA-ITB juga mendorong pemberdayaan perempuan dan disabilitas. Upaya ini dioptimalkan melalui kegiatan W20 yang merupakan Side Event G20," kata Gembong.

Ketua panitia, Audis Subekti mengatakan peserta halalbihalal kali ini berasal dari berbagai penjuru tanah air.

"Bahkan banyak alumni yang tinggal di luar negeri pun menyempatkan hadir pada kesempatan ini," pungkas Audis.

0 komentar:

Posting Komentar