Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 28 Mei 2022

Presiden Jokowi Bakal Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan bakal memimpin upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Lokasi peringatannya berlangsung di Lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/5).

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo mengatakan, Presiden Jokowi akan menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende, setelah Presiden Pertama RI, Soekarno.

Menurut rohaniwan Katolik yang akrab disapa Romo Benny ini, masyarakat Ende dan sekitarnya, sangat antusias menyambut hari Lahir Pancasila 1 Juni. 

Berbagai kegiatan akan digelar mulai 28 Mei 2022, di antaranya Parade Laut dan Napak Tilas.

Benny mengatakan, Kabupaten Ende adalah tempat perenungan Presiden Soekarno tentang dasar negara, yang kini dikenal sebagai Pancasila. 

Lalu, banyak situs sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan di Ende, di antaranya Rumah Pengasingan Bung Karno, Taman Perenungan, dan Gedung Immaculata.

"Peringatan hari Lahir Pancasila saat ini menjadi momen berharga bagi Kabupaten Ende dan masyarakat Indonesia," katanya.

BPIP sebagai penyelenggara upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Ende telah menyiapkan serangkaian acara menyambut hari besar ini.

Acara-acara yang disajikan, antara lain Pameran Ekonomi Kreatif (pada 29 Mei 2022), Pembekalan Penguatan Ideologi Pancasila (30 Mei 2022), Simposium Nasional: Pembumian dan Penggeloraan Pancasila (31 Mei 2022), Konser Kebangsaan: Membumikan Pancasila dari NTT untuk Nusantara (1 Juni 2022).

Dan sebagai puncak peringatan adalah Upacara Perayaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, yang akan dipimpin langsung Presiden Jokowi.

0 komentar:

Posting Komentar