Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 19 November 2014

Besok, Ribuan Buruh Desak Gubernur Tetapkan UMK Final


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Ribuan buruh yang menggelar aksi di depan Gedung Grahadi minta Gubernur Jatim, Kamis (20/11/2014), menetapkan nilai final UMK 2015.

UMK final merupakan gabungan dari nilai UMK yang sudah disepakati Tim 15 Buruh dengan Gubernur Soekarwo, Rabu (19/11/2014), ditambah inflasi setelah harga BBM naik. Sementara hasil kesepakatan yang dicapai perwakilan buruh dengan Gubernur masih UMK non-BBM. Yakni, UMK lama ditambah inflasi plus pertumbuhan ekonomi.

“Makanya, besok (Kamis) kita akan menggelar aksi besar-besaran lagi di sini (Grahadi). Kita akan minta dan tagih janji Gubernur untuk menetapkan UMK final,” tegas Jazuli, salah satu korlap aksi.

Jazuli merupakan salah satu perwakilan buruh yang tergabung dalam Tim 15. Dia mewakili DPW FSPMI Jatim. Selain FSPMI, perwakilan buruh lain yang masuk Tim 15 berasal dari SPSI, KSPI, KSBSI, SPS, dan SPN serta beberapa serikat pekerja lainnya.

Menurut Jazuli, Gubernur belum bisa menetapkan UMK plus inflasi paska harga BBM naik, karena naiknya harga BBM berlaku efektif, mulai Selasa (18/11/2014), atau setelah Bupati/Wali Kota menyampaikan usulan ke Gubernur.

“Karena bola sekarang ada di Gubernur, kita minta Gubernur benar-benar bijak dan mempertimbangkan aspirasi buruh sebelum menetapkan UMK 2015,” tandasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar