Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 11 November 2014

Gerak Jalan Napak Tilas Mengenang Perjuangan 10 Nopember


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam memperingati hari Pahlawan 10 Nopember 2014, 15.000 orang mengikuti gerak jalan Napak Tilas/Parade Juang di Tugu Pahlawan Surabaya. Start gerak jalan Parade Juang diberangkatkan dari halaman Tugu Pahlawan dan berakhir finish di Taman Surya Balai Kota Surabaya. Para peserta gerak jalan yang mayoritas berasal dari organisasi kemasyarakatan banyak menggunakan berbagai kostum pakaian yang bernuansa perjuangan, diantaranya pakaian tentara jaman dulu, pakaian veteran pejuang, pakaian adat tradisional dan pakaian simbol kedaerahan lainnya.

Gerak jalan parade juang tersebut juga dikuti dan dimeriahkan oleh demonstrasi parade marching band Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), parade pasukan pengibar bendera (Paskibra) dan parade pasukan TNI AD. TNI AL dan TNI AU. Tidak ketinggalan ikut dalam barisan yaitu parade kendaraan tempur/Panser, parade jeep, parade sepeda kuno yang melambangkan kendaraan yang dinaiki para pejuang tempo dulu.

Sebelum pelaksanaan start pemberangkatan, para peserta gerak jalan dan seluruh masyarakat yang hadir, ikut menyaksikan pagelaran drama kolosal atraksi pertempuran arek-arek Surabaya melawan tentara Belanda. Drama kolosal tersebut menceritakan  secara singkat perjuangan arek-arek surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo dengan gigih, heroik dan semangat yang membara akhirnya berhasil memukul mundur tentara Belanda.

Para pejabat Forpimda Kota Surabaya menggunakan kostum pejuang tempo dulu berkeliling menaiki kendaraan tempur Panser.

Turut hadir dalam gerak jalan parade juang Surabaya diantaranya Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, Danrem 084/BJ Kolonel Arh Nisan Setiadi, SE, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Drs. Setija Junianta, para Dandim, para Kasirem dan para Kabalakrem 084/BJ, acara berjalan aman, tertib dan lancar.(arf).

0 komentar:

Posting Komentar