Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 17 Februari 2015

KOREM 082/CPYJ MELAKSANAKAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TUTUP BUKU TAHUN 2014

KABARPROGRESIF.COM : (Mojokerto) Dalam rangka melaksanakan laporan pertanggungjawaban Pengurus Primer Koperasi Kartika Citra Panca Yudha Jaya Korem 082/CPYJ, telah dilaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2014 yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Korem 082/CPYJ. RAT kali ini dihadiri oleh Ketua Puskop Kartika Bhirawa Anoraga,  Kepala Dinas Koperasi, Kepala Perindustrian, Kepala Perdagangan, Ketua Dekopindo Kota Mojokerto, Para Kasi Korem 082/CPYJ serta para Ka Balak  jajaran Korem 082/CPYJ bertempat di Pendopo Griya Para Mitra Asrama Cikaran, Mojokerto.

Dalam sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Mojokerto mengatakan bahwa Koperasi hanyalah sebagai wadah, tetapi yang paling pokok adalah kesejahteraan anggota Koperasi itu sendiri lebih utama untuk diperhatikan, karena Koperasi ini adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita, sehingga bagaimana Koperasi itu menjadi lebih maju adalah tergantung dari anggota Koperasi itu sendiri. Oleh karena itu, pelaksanaan RAT ini adalah merupakan pertemuan forum komunikasi dan evaluasi pertanggungjawaban anggaran 2014 serta pertemuan anggota Koperasi. SHU jangan diukur dari besar kecilnya sisa yang diterima, tetapi bagaimana memanfaatkan kegunaan dalam membantu perekonomian anggota,  koperasi dapat maju apabila mempunyai komitmen dan kesadaran dari anggota koperasi itu sendiri.

Sementara dalam sambutannya Danrem 082/CPYJ mengatakan bahwa, Rapat anggota tahunan Primer Koperasi Kartika Citra Panca Yudha Jaya Korem 082/CPYJ merupakan forum untuk mengkaji dan mengevaluasi pertanggungjawaban pengurus, dalam melaksanakan program kerja yang tertuang dalam rencana anggaran pendapatan belanja tahun 2014. Hasil  kajian dan evaluasi tersebut, hendaknya digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki dan menyempurnakan rencana kerja dan RAB Primer Koperasi Kartika Citra Panca Yudha Jaya Korem 082/CPYJ tahun 2015.

Dalam rapat kali ini, diharapkan dapat pula diperoleh suatu hasil pembahasan yang lebih konkrit dari pelaksanaan tugas pada program tahun anggaran  sebelumnya.  Hasil   evaluasi   tersebut,  kiranya dapat  digunakan sebagai pertimbangan untuk mendinamisasi pelaksanaan kegiatan tahun 2015. Primer Koperasi Kartika Citra Panca Yudha Jaya Korem 082/CPYJ merupakan organisasi fungsional di jajaran Korem 082/CPYJ, yang mempunyai tugas pokok membantu pimpinan Korem 082/CPYJ dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan prajurit dan PNS beserta keluarganya.

Selain itu Primkop Kartika Citra Panca Yudha Jaya Korem 082/CPYJ juga merupakan organisasi yang berbadan hukum. Sebagai subyek hukum dibenarkan untuk melakukan kegiatan di berbagai bidang  usaha, yang diharapkan mampu berkompetisi dan berdampingan dengan pelaku ekonomi lainnya. Baik BUMN maupun Swasta lainnya. Untuk itu, kepada para pengurus agar memiliki naluri bisnis dan senantiasa mampu menangkap peluang pasar yang ada, sehingga menghasilkan profit yang optimal.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, untuk mewujudkan koperasi yang sehat dan mampu menghasilkan profit yang optimal,  perlu   adanya pembenahan di segala bidang yang meliputi pembenahan organisasi, sumber daya manusia (SDM), manajemen dan penempatan serta pembinaan personel yang memiliki kualifikasi kewirausahaan. Seperti diketahui bersama, bahwa kendala utama dalam pembinaan Perkoperasian  di  jajaran  Korem 082/CPYJ adanya keterbatasan dalam hal kualitas dan kuantitas  personel pengelola koperasi. Masalah ini hendaknya menjadi fokus perhatian bersama dan sekaligus merupakan tantangan yang harus dihadapi. Disamping itu, guna mewujudkan koperasi yang sehat para pengurus harus memiliki tiga sehat koperasi, yaitu sehat mental ( jujur, adil dan bertanggung jawab ), sehat organisasi  (manajemen terbuka)  dan sehat usaha (pelayanan baik dan melaksanakan azas dan sendi koperasi).

Peran dan fungsi badan pemeriksa harus ditingkatkan agar diperoleh optimalisasi  pelaksanaan tugas sesuai dengan prinsip keterbukaan yang di anut koperasi. Hendaknya disadari bahwa manajemen yang sehat, dinamis dan terbuka merupakan tuntutan mutlak bagi keberhasilan koperasi, karena koperasi di bentuk oleh dan untuk kepentingan anggota, demikian dikatakan Danrem 082/CPYJ Kolonel Czi Suparjo.(arf).

0 komentar:

Posting Komentar