Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 27 Mei 2016

Prajurit Lantamal V, Jebur Sungai Bersama Ribuah Warga Bersihkan Kalimas



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Ratusan Prajurit Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) jebur Kalimas bersama ribuan warga Kota Surabaya bersihkan Kalimas dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pahlawan yang ke-723 tahun 2016, Jumat (27/5).

Ratusan prajurit Lantamal V dibawah komando Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal V Letkol Laut (P) Didik Dwijantoko yang hadir dilokasi, langsung berbaur dengan ribuan orang dari unsur personel Kota Madya Surabaya, pejabat, polisi, tentara, maupun warga sekitar langsung aksi di sektornya masing-masing.

Kebersamaan tersebut terlihat indah, sedikitnya 6.141 warga kota dari berbagai unsur terlihat melaksanakan aktifitas pembersihan Kalimas yang menjadi salah satu icon Kota Surabaya disepanjang 15 kilometerareal sungai yang menjadi fokus pembersihan kali ini, dan jumlah tersebut disinyalir menjadi jumlah terbanyak untuk membersihkan Kalimas ini.

Terdiri dari 4.101 personil dari jajaran SKPD Kota Surabaya, 1.151 dari TNI dan Polri, 380 Sukarelawan dari LSM dan Swasta, serta 505 orang relawan lain. Event pembersihan Kalimas sudah sering terjadi, namun kegiatan kali ini lebih spesial karena dilakukan untuk kado ulang tahun ke-723 Kota Surabaya. Sekaligus untuk persiapan menerima tamu negara dalam konferensi UN Habitat Juli mendatang.

Sejak kemarin, sudah terlihat bertumpuk-tumpuk alat kebersihan berupa glangsing dan garuk sudah memenuhi halaman kantor bagian perlengkapan Pemkot Surabaya di belakang balai kota. Alat-alat tersebut selanjutnya didistribusikan ke kecamatan masing-masing agar siap digunakan pagi ini. Sedikitnya sudah disiapkan 15.500 glangsing (untuk menampung sampah.

Menurut Kadispotmar, dirinya telah mendapatkan arahan langsung dari Komandan Lantamal V Brigjen (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.P. untuk mendukung penuh kegiatan yang dimotori Pemkot Surabaya tersebut. Dirinya diperintah untuk menerjunkan personelnya bergabung bersama masyarakat.

“TNI AL dalam hal ini Lantamal V, sangat peduli dengan kebersihan lingkungan, termasuk lestarinya lingkungan sungai dan laut, Kami juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian sungai di Surabaya,bahkan kita sudah beberapa kali menggelar acara yang sama, sehingga ketika mendapat ajakan untuk pembersihan Kalimas dari Pemkot, Lantamal V tidak berpikir dua kali, langsung setuju dan dukung,” terang Didik sapaan akrab Kadispotmar menirukan ucapan Komandan Lantamal V.

Beberapa titik lanjut Didik, juga disebut sebagai spot yang mendapat perhatian khusus. Di titik-titik tersebut disiagakan petugas lebih banyak. Dilengkapi pula dengan alat berat, seperti backhoe dan perahu karet. Titik-titik tersebut di antaranya Stasiun Semut-Benteng sampai Jembatan Petekan. Juga sekitar Pasar Keputran selatan maupun utara.

“Untuk prajurit Lantamal V sendiri, kebagian areal pembersihan di sekitar jembatan Petean hingga JMP,” terang  Didik.

Untuk pengangkutan sampah sungai yang berhasil diangkat, Pemkot dan Lantamal V telah menyiapkan armada truk sampahnya untuk pembuangan sampah ke lokasi yang aman. Pemkot telah bekerja sama dengan pihak Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya. Sampah akan diangkut ke lahan milik Lantamal V yang berada di kelurahan Wonosari, Kecamatan Semampir. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar