Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 30 Mei 2016

Wadan Lantamal V Hadiri Pembukaan Latihan PPKM 2016




 KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya, Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, S.E.,M.M. mengadiri acara pembukaan Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) TA 2016 yang dibuka Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI INGN Ary Atmaja, Senin (30/5).

Latihan PPKM yang digelar di Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata, Kobangdikal hingga Rau (1/6) mendatang ini, dihadiri juga Pangarmatim, Komandan Kobangdikal, Gubernur AAL, Danpasmar I, Karumkital dr. Ramelan, Kadispsial, Danpuspenerbal, Komandan STTAL dan pejabat undangan lainnya.

Menurut Asops Kasal, tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah untuk menanggulangi setiap ancaman nyata baik yang didasarkan pada rencana kontijensi yang dirumuskan melalui perencanaan strategis, maupun untuk menghadapi ancaman yang bersifat mendadak dan tidak dipersiapkan sebelumnya.

Menurutnya, penyelenggaraan operasi gabungan dan kampanye militer dilaksanakan melalui tahapan kegiatan perencanaan untuk menentukan suatu keputusan melalui proses pengambilan keputusan militer (PPKM) atau prosbiltus.

Proses perencanaan ini, merupakan suatu seni yang akan mempengaruhi bentuk dari konsep operasi hasil dari proses perencanaan berupa rumusan yang mencakup hubungan antara sasaran, cara dan sarana yang digunakan atau yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Proses pengambilan keputusan atau biltus pada tataran komando gabungan dalam rangka penyelenggaraan operasi gabungan dan kampanye militer lanjut Ary –sapaan akrab Asops Kasal ini- merupakan metode pengambilan keputusan cara militer yaitu suatu metode yang dilaksanakan, untuk mengetahui bagaimana mengambil keputusan kapan dan apa yang diputuskan.

Termasuk didalamnya untuk mengetahui resiko dan konsekwensi dari keputusan yang diambil, dimana keputusan merupakan pernyataan Panglima atau Komandan yang memberikan gambaran tentang operasi yang akan di lakasanakan untuk mencapai sassaran yang diharapkan dan sudah ditentukan.

Acara pembukaan latihan latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer TA 2016 ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Asops Kasal kepada lima orang perwakilan. Selesai acara pembukaan, Asops Kasal dengan didampingi oleh Komandan Kobangdikal, Pangarmatim, Gubernur AAL dan tamu undangan lainnya meninjau stan dari masing-masing peserta latihan, termasuk stan dari Kogasgabhantai yang didalamnya ada stan dari Lantamal V. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar