Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 19 September 2016

Aspers Danlantamal V Pimpin Upacara Bendera 17-an



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Asisten Personel (Aspers) Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono mewakili Danlantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.AP memimpin upacara bendera 17-an yang dihelat di Lapangan Yos Sudarso, Senin (19/9).

Upacara tersebut melibatkan satu peleton Satsik, satu kompi Pama dan Kowal, satu peleton Pomal, satu peleton Marinir Yonmarhanlan, satu kompi bintara dan tamtama, serta satu kompi PNS Lantamal V.

Seluruh peserta upacara berada di bawah komando Komandan Upacara, yang dipercayakan kepada Mayor Laut (K) Kustiyoro, pamen Rumkital Dr.Oepomo Lantamal V.

Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam amanatnya yg dibacakan Aspers Danlantamal V memberikan beberapa penekanan terkait peran Koarmatim sebagai organisator keamanan laut di wilayah timur.  Dimana salah satu penekanan tersebut, yakni tuntutan kesiapan prajurit dan PNS Lantamal V untuk meningkatkan profesionalitas dan kemampuan individu, sebab keberadaan Lantamal V sebagai salah satu satuan kerja di jajaran Koarmatim.

Adapun peningkatan profesionalitas dan kemampuan yang dimaksudkan oleh Pangarmatim, adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh setiap prajurit dan PNS di satuan kerja  di wilayah kerja Koarmatim, yang dapat mendukung pelaksanaan tugas-tugas kedepan.

Selain itu Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P juga mengingatkan  para prajurit dan segenap anggota PNS untuk selalu berpedoman kepada Tri Sila TNI AL, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI , dan juga Sebelas Azas Kepemimpinan TNI dalam melaksanakan dan menjalankan tugas dimanapun berada.

Pangarmatim juga menghimbau setiap prajurit dan anggota PNS TNI AL harus bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan strategis regional dewasa ini. Ini terkait dengan keluarnya Perpres No.62 tahun 2016 tentang pengembangan organisasi TNI.

“ Untuk itu dengan adanya pembaharuan organisasi sebagai perwujudan Minimum Essensial Force, Kita harus menyiapkan dan menyesuaikan dengan perubahan yang akan dilaksanakan guna tercapainya penguatan pertahanan maritim Indonesia disektor Kelautan ,” tegas orang nomor satu dijajaran Koarmatim ini.

Beberapa penekanan lainnya juga disampaikan Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P sebelum  mengakhiri amanatnya. Antara lain optimalisasi perilaku disiplin, loyalitas dan tanggung jawab individu dalam setiap tugas yang diemban sebagai cermin dari perilaku seorang prajurit TNI AL.

Mengutamakan Zero Accident dan penerapan Risk Management, tidak luput dari perhatian Pangarmatim dengan menekankan setiap prajurit untuk memelihara dan merawat dengan baik alutsista yang telah dipercayakan negara kepada TNI AL.

Lebih lanjut segenap prajurit dan PNS TNI AL juga dihimbau untuk memelihara solidaritas dan soliditas yang positif dengan komponen TNI / Polri, serta memantapkan integritas dengan rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu disela-sela pelaksanaan upacara bendera 17-an kali ini, juga dilaksanakan wisuda purna dinas prajurit dan PNS Lantamal V yang telah memasuki masa pensiun.

Kali ini sembilan prajurit dan PNS Lantamal V menjadi peserta wisuda, yang merupakan agenda rutin Lantamal V sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi Danlantamal V atas dedikasi dan loyalitas para prajuritdan PNS Lantamal V selama mengabdi kepada negara, dan TNI AL. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar