Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 27 Agustus 2018

Dihadapan 1493 Mahasiswa Universitas Pancasakti, Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal Berikan Edukasi Wasbang


KABARPROGRESIF.COM : (Tegal) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tegal Lantamal V Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE,M.Tr.Hanla memberikan Edukasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Para Mahasiswa dalam kegiatan Ospek Mahasiswa Baru Universitas Pancasakti (UPS) Jl. Halmahera No. KM 01 Kel. Mintaragen Kota Tegal, Senin, (27/8).

Komandan Lanal sebagai narasumber mengatakan bahwa Wawasan Kebangsaan merupakan hal yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia. Dalam kenyataannya konsep kebangsaan itu telah dijadikan dasar negara dan ideologi nasional yang terumus di dalam Pancasila sebagaimana terdapat dalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945.

"Konsep kebangsaan itulah yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini," ujarnya.

Konsep Wawasan kebangsaan Indonesia lanjutnya, menjadikan kita sebagai negara yang tidak dapat mengisolasi diri dari negara lain, dengan menjiwai semangat bangsa bahari yang terimplementasikan menjadi wawasan nusantara bahwa wilayah laut Indonesia adalah bagian dari negara kepulauan yang diakui dunia.

Negara Indonesia merupakan satu kesatuan dari semua aspek, dalam mewujudkan tujuan nasional yang mencakup aspek kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi serta kesatuan pertahanan keamanan.

"Derasnya pengaruh globalisasi, bukan mustahil akan memporak porandakan adat budaya yang menjadi jati diri kita sebagai suatu bangsa, dan tentunya akan melemahkan rasa nasionalisme seperti diera mileneal saat ini, untuk itulah kalian sebagai calon penerus generasi bangsa harus dapat menjaga rasa nasionalisme dan kebangsaan dengan mempedomani nilai-nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," pungkas perwira Alumnus AAL 45 tahun 1999 ini. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar