Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 23 September 2016

Komandan Lanal Denpasar Hadiri Pembukaan TMMD Ke-97 tahun 2016



KABARPROGRESIF.COM : (Denpasar) Komadan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar, Lantamal V, Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa menghadiri upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 TA. 2016 di wilayah Kodam IX/Udayana yang digelar di Lapangan Arga Soka Sesetan, Denpasar  Selatan, Selasa (20/9).

Pelaksanaan TMMD yang tersebar di enam titik di wilayah Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur ini, dilaksanakan berdasarkan  program terpadu lintas sektoral dengan melibatkan semua unsur  di daerah dalam usaha mempercepat pengentasan kemiskinan, pemerataan dan akselerasi pembangunan.

Tujuan dari penyelenggaraan TMMD ini adalah untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik yang bersifat fisik maupun non fisik serta untuk memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang yang tangguh.

Untuk di wilayah Kodam IX/Udayana terdapat enam titik lokasi pelaksanaan TMMD yang masing-masing  dua titik berada di provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Bali. Dengan mengerahkan masing-masing lokasi  satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Gabungan dengan kekuatan personel 150 orang terdiri dari unsur TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU, Kepolisian dan SKPD terkait di masing-masing Kabupaten daerah sasaran.

Khusus di wilayah Bali dilaksanakan di wilayah Kodim 1611/Badung di Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan.  Dan dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, dengan upacara secara militer dilapangan Arga Soka Jalan Raya Sesetan Denpasar Bali.

Untuk wilayah Denpasar sasaran fisik antara lain, pembuatan jalan usaha tani, jogging track, pelebaran jembatan dan bedah rumah serta kegiatan non fisik meliputi penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Cinta Tanah Air, Kesehatan, KB, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Hukum, Kamtibmas, Narkoba, Agama dan Lalin.

Bersamaan pembukaan TMMD ke-97 ini juga dilaksanakan Pencanangan  Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIII yang dilangsungkan di Lapangan Arga Soka Sesetan, Denpasar  Selatan, Bali.

Dalam amanatnya Wali Kota Denpasar yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Denpasar, menyampaikan bahwa TMMD merupakan suatu keterlibatan TNI dalam pembangunan desa. Pada hakekatnya merupakan bentuk nyata kemanunggalan TNI dengan masyarakat untuk mempercepat pembangunan di desa sebagai mana tertuang dalam butir ke 3 Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran atau dari desa.

Sementara kegiatan bulan bhakti gotong royong adalah inflementasi budaya gotong royong yang telah mengakar dan program tersebut juga sebagai salah satu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat. Selesai  pembukaan dilanjutkan peninjauan lokasi pelaksanaan TMMD yang berada di Subak Kerdung Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar.

Kegiatan dengan tema “Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama Lintas Sektoral dan Lintas Komponen Bangsa Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat".

Hadir dalam giat tersebut Danrem 163/Wsa Kolonel Inf. I Nyoman Cantiasa mewakili Pangdam IX/Udayana, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb. Danet Hendrianto, Danlanal Denpasar Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, Dandim 1611/Badung Letkol Czi M. Leo Pola Ardiansa S, selaku Dansatgas TMMD ke-97 TA 2016, Para Kabalak Kodam IX/Udayana, unsur Kepolisian Polresta Denpasar, Sekda Kota Denpasar, pimpinan SKPD Kota Denpasar, tokoh Agama, Adat, masyarakat  dan sejumlah undangan lainnya. Kegiatan TMMD ini akan berlangsung selama tiga puluh hari penuh untuk mengerjakan sasaran fisik dan non fisik sesuai dengan lokasi daerah masing-masing. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar