Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 23 Mei 2018

Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji Resmi Jabat KSAL


KABARPROGRESIF.COM : (Jakarta) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji resmi kepala Staf TNI Angkatan Laut ( KSAL ).

Pangkat Adji pun dinaikkan menjadi Laksamana. Presiden Joko Widodo sendiri yang melantik dan menaikkan pangkatnya melalui prosesi upacara di Istana Negara, Rabu (23/5/2018).

Prosesi upacara diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 43 / TNI Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut oleh Sekretaris Militer Mayjen TNI Trisno Hendradi.

"Mengangkat Siwi Sukma Adji, NRP 8505P sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut. Ditetapkan di Jakarta, 22 Mei 2018," ujar Trisno.

Acara dilanjutkan dengan mengambil sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Adji didampingi spiritualwan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada saat ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau dalih apa pun juga tidak memberi atau menyanggupi, tidak akan menerima dengan rupa atau dalih apa pun juga ..." demikian salah satu kutipan sumpah jabatan yang diucap Adji.

Adji kemudian menonton berita acara pelantikan. Presiden Jokowi juga menghabiskan dokumen yang sama.

Adapun saksi penandatanganan berita acara itu yaitu Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Acara bergulir dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 44 / TNI Tahun 2018 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI oleh Sekretaris Militer Mayjen TNI Trisno Hendradi.

Presiden Jokowi kemudian menyematkan tanda pangkat bintang empat di bahu Adji. Pangkatnya naik menjadi Laksamana.

Prosesi pelantikan ini diakhiri dengan pengucapan selamat kepada Adji, baik oleh Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, maupun undangan tamu yang hadir.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Melihat dulu KSAL sebelumnya, Laksamana Ade Supandi, yangelapan masa pensiun.

Pria yang lahir 14 Mei 1962 di Kota Cimahi, Jawa Barat yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut pada 1985.

Siwi kemudian memulai karirnya sebagai perwira bahari di Kapal Perang Indonesia OWA-354 dan menjabat Kepala Departemen Perang Indonesia Untung Suropati-372.

Ia juga pernah mengomandoi Kapal Perang Indonesia, yaitu KRI STS-376 dan KRI Nala. Ia juga beberapa kali sebagai Komandan Pelabuhan TNI Angkatan Laut, yaitu Komandan Lanal Pontianak dan Komandan Komando Armada TNI AL Bagian Timur. Maka tak heran, saat mencapai dua bintang di pundaknya, Siwi dipercaya untuk memeriksa Panglima Komando Armada TNI AL Bagian Barat. (rio)

0 komentar:

Posting Komentar