Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 22 Mei 2018

Peran Aktif Danlanal Yogyakarta Ikuti Forkompimda Dalam Upaya Menjaga Kamtibmas Wilayah Yogyakarta Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H


KABARPROGRESIF.COM : (Yogyakarta) Bertempat di Ndalem Ageng Kompleks Kepatihan Danurejan Yogyakarta telah berlangsung Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) DIY dalam rangka menghadapi Bulan Ramadhan dan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H di wilayah Yogyakarta, selaku pimpinan rapat adalah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X diikuti sekitar 50 orang yang terdiri dari unsur pimpinan, baik TNI Polri, pemerintah daerah se wilayah Yogyakarta serta stageholder bidang terkait, Senin (21/5/18).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano. S.E, M.Pd selaku bagian dari unsur pimpinan TNI wilayah Yogyakarta untuk ikut serta dan berperan aktif membantu pemerintah daerah Yogyakarta dalam memecahkan setiap permasalahan.

Tidak hanya terkait upaya untuk terjaminnya keamanan wilayah pantai selatan Yogyakarta dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta keberadaan Lanal Yogyakarta, namun juga terkait gejala dan gejolak permasalahan aspek IPOLEKSOSBUDHANKAM yang secepatnya harus mendapat atensi dan solusi melalui Forkopimda DIY, khususnya dalam kesempatan rapat forum kali ini menitikberatkan upaya cipta kondisi untuk menghadapi bulan Ramadhan dan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H di wilayah DIY.

Upaya cipta kondisi dalam menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) oleh unsur Forkopimda DIY tersebut mendasarkan perkembangan lingkungan stategis nasional yang terjadi ahkir-ahkir ini.

Dimana telah terjadinya serangkain aksi bom bunuh diri oleh kelompok radikal dibeberapa wilayah Indonesia, diantaranya bom bunuh diri menyerang jemaat gereja dan kantor Mapolres Surabaya, penyerangan kantor Mapolda Riau serta aksi profokatif berbau SARA lainnya meningkat menjelang masuknya bulan Ramadhan 1439 H.

Sebagai sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono, disampaikan bahwa Jelang perayaan hari raya Idul Fitri seperti biasa dilakukan koordinasi dengan penyampaian informasi dari berbagai pihak antara lain dari unsur pimpinan TNI, kepolisian, BI, Disperindag dan Dishub serta adanya tambahan informasi dari instansi terkait lainnya sehingga secara komprehensif dapat ditemukan upaya deteksi dini dan cegah dini oleh unsur pimpinan wilayah Yogyakarta dalam upaya bersama sama dan sinergis menciptakan situasi aman dan tertib pada pelaksanaan bulan Ramadhan sampai dengan perayaan hari raya Idul Fitri 1439 H.

Beberapa situasi menonjol sebagai hasil penyampaian informasi dan paparan oleh unsur pimpinan TNI Polri serta pimpinan instansi pemerintah terkait di wilayah Yogyakarta diantaranya kasus perusakan pos polisi UIN Kalijaga pada saat Unras hari Buruh Sedunia 2018.

Kemudian issu pembangunan bandara NYIA, crime indeks di DIY didominasi penipuan yang dilaporkan melalui media online, serta tersepakatinya beberapa hal diantaranya masyarakat Yogyakarta diharapkan tidak mudah tergoda paham radikalisme dan terorisme, penertiban penukaran uang yang tidak resmi dipinggir jalan oleh BI dibantu aparat keamanan, penggelaran posko lebaran serta kesiapan unsur TNI/Lanal Yogyakarta untuk turut aktris membantu pihak kepolisian dalam rangka menjaga dan memelihara Kamtibmas wilayah Yogyakarta. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar