Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 24 Mei 2018

Terminal Purabaya Dilengkapi CCTV Pengenal Wajah


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Surabaya - Dinas Perhubungan Kota Surabaya melengkapi terminal Purabaya dengan 8 kamera CCTV baru yang bisa mengenali wajah. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat menyampaikan, delapan kamera tersebut akan dipasang di sejumlah pintu masuk terminal.

“Kamera terbaru jenis ini ini 60 persen bisa mendeteksi wajah,” tuturnya.

Pemasangan kamera CCTV yang bisa mendeteksi wajah guna menciptakan suasana yang aman dan nyaman di terminal. Untuk itu, Dinas Perhubungan Surabaya bekerjasama dengan kepolisian dan Dispendukcapil kota guna mengetahui data warga dan terduga kejahatan.

“Calo bus pun akan mudah dikenali,” terang Irvan.

Kadishub menyatakan, kamera CCTV  saat ini resolusi dan kemampuannnya makin canggih. Dengan pemasangan kamera tersebut, pihaknya akan mudah memetakan, apakah orang-orang yang ada dis ekitar terminal calon penumpang atau calo bus.

“Semua kejadian di terminal terekam, mungkin pembiusan, gendam, perampokan dan sebagainya,” katanya.

Apalagi, jumlah kamera CCTV yanhg terpasang juga bertambah banyak. Sebelum penambahan delapan unit kamera baru, Dishub telah memasang 32 CCTV pada tahun sebelumnya. Namun demikian, Irvan memastikan kasus kriminalitas seringkali terjadi di luar terminal. Pasalnya, pengamanan di terminal begitu ketat.

“Kebanyakan  kejadian pembiusan, gendam saat perjalanan,” katanya.

Irvan menyebutkan, selama arus mudik dan balik, Dinas Perhubungan menerjunkan sekitar 500 personel. Mereka bertugas selama 24 jam. Dalam pengamanan terminal selama arus mudik dan balik lebaran, selain aparat dinas perhubungan juga melibatkan satpol PP, linmas dan aparat TNI/Polri.

“Kita sudah terbiasa untuk siaga selama 24 jam,” pungkasnya. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar