Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 24 Mei 2018

Pangdam Jaya Sampaikan Pentingnya Persatuan Dan Kesatuan Di Hadapan Generasi Jaman Now


KABARPROGRESIF.COM : (Jakarta) Pengdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto menjadi pembicara inti dalam seminar dan talk show dengan tema 'Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial di Jaman Now' di Auditorium Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat, Kamis (24/5/18).

Dalam seminar yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan pelajar dari SMA di Jakarta Barat ini, Pangdam Jaya menyampaikan pentingnya mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perubahan Jaman ke era teknologi yang bisa dianggap menggerus nilai-nilai Pancasila.

"Jika kita tidak anggap penting persatuan dan kesatuan itu, akan jadi masalah penting bagi bangsa ini. Saya ingin kita sependapat bahwa Indonesia tetap satu, sehingga kita jadi negara yang hebat," kata Pangdam.

Pangdam juga mengatakan bahwa di  Jaman generasi milenial terdapat kreativitas tinggi, percaya diri dan terkoneksi satu sama lain. Namun kata Pangdam, hal itu terdapat juga kekurangan dimana generasi saat ini lebih menyukai sesuatu yang bersifat instan. Menurut Pangdam, hal ini menjadi titik kritis bagi bangsa, apalagi generasi penerus bangsa semakin terkoneksi dengan teknologi.

"Realitanya, banyak teknologi yang justru dimanfaatkan untuk kepentingan kurang baik, kadang bahkan untuk memecah-belah persatuan," lanjut Pangdam.

Dengan kondisi itu, menurut Pangdam, bila para generasi muda menyadari besarnya Indonesia dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, maka hal tersebut akan dapat dinetralisir, sebab sejak dulu hingga sekarang nilai Pancasila tidak akan pernah berubah.

"Memang sekarang Jaman now, lalu perilakunya turut berubah,? Nilai Jaman dulu dan sekarang sama, tidak berbeda. Jaman boleh saja berubah, tapi nilai Pancasila tetap relevan," pungkas Pangdam.

Dalam seminar juga diadakan sesi diskusi bersama Dr. Marten L. Sinaga, Budayawan Sobari, Audrey Ayu Jia Hui.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Tarumanegara Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan mengatakan bahwa seminar ini berkat kerja sama dengan Korem 052/Wijayakrama dengan tujuan untuk menegaskan Pancasila sebagai ideologi yang sudah final serta merekomendasikan kembali kepada generasi muda bahwa peran pemuda sangat signifikan sebagai pelopor pengamal Pancasila.

Ia juga menjelaskan, Kampus nya menjadi tempat seminar sebagai bentuk keterbukaan dalam pengembangan dan diskusi keilmuan.

Turut hadir dalam seminar antara lain Danrem 052/Wijayakrama, Asintel, Aster, Kapendam dan Dandim 0503/Jakarta Barat. (rio)

0 komentar:

Posting Komentar