Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 23 Agustus 2018

KASAL dan Ketum Jalasenastri Berikan Pembekalan Siswa Diktukpa XLVII Kodiklatal


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Sehari menjelang pelaksanaan Prasetya Perwira Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M dan Ketua Umum Jalasenastri  Ny. Manik Siwi Sukma Adji memberikan pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-47 beserta istri di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Kamis,  (23/8).

Hadir dalam pembekalan tersebut Pejabat Utama Mabesal, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dan pejabat Utama Kodiklatal, Para Pangkotama TNI AL Wialyah Surabaya, para pengurus Pusat Jalasenastri  serta Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ina Darwanto.

Dalam pembekalanya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M menyampaikan bahwa perubahan status dari Bintara ke Perwira karena prestasi hendaknya menjadi kebanggan bagi prajurit beserta istri. Perubahan ini harus harus disyukuri karena tidak akan berhasil tanpa campur tangan Tuhan Yang Maha Esa.

Adapun perwujudan rasa bangga dan syukur tersebut harus tercermin pada peningkatan kinerja dan kompetensi di satuan kerja dimanapun nanti para prajurit ditempatkan. Selain itu dengan perubahan tersebut hendaknya ada perubahan didalam diri siswa yang meliputi perubahan Pola Pikir, Pola Sikap dan Pola Tindak. Perubahan status ini juga memiliki korelasi terhadap status sosial di masyarakat yang berimplikasi pada perubahan gaya hidup.

Sebagai perwira memiliki ruang lingkup tugas, wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar daripada strata di bawahnya, memiliki tanggung jawab moril terhadap anak buah dan keluarga, harus berani mengambil inisiatif, mengajukan saran dan tampil dalam hal positif. Serta mempunyai performance seorang perwira merupakan contoh dan  tauladan bagi anak buah dan keluarganya.

Disisi lain disampaikan bahwa Karier dan masa depan para perwira sangat ditentukan oleh kemampuan dan penyesuaian diri dengan lingkungan penugasan. Selain itu juga ditentukan dalam pengembangan kemampuan diri dalam kompetisi yang sehat dan dinamis. Kepada para siswa Diktukpa Kasal berpesan sebagai korps perwira dari jalur Reguler hendaknya dijadikan sebagai wadah yang berguna bagi organisasi TNI AL dan Jangan dijadikan kelompok baru yang bersifat eksklusif serta tidak lupa jati diri.

Sementara itu Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji menyampaikan bahwa tujuan pembekalan tersebut adalah melengkapi materi yang telah diterima selama penataran, membuka wawasan dan meningkatkan pemahaman tentang identitas dan jati diri sebagai istri seorang perwira kelak, perubahan status suami dari seorang bintara menjadi perwira maka ibu ibu segera menyesuiakan diri, perubahan status semakin besar tanggung jawab suami kedepan karena seorang perwira adalah pemimpin dan ada anak buah.

Selain itu disampaikan bahwa tugas Ibu sebagai seorang istri perwira adalah membekali diri masalah organisasi, masalah rumah tangga dan masalah yang sedang aktual saat ini, meningkatnya karier suami maka tugas dan tanggung jawab ibu sebagai istri pendamping suami akan makin meningkat  pula. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar