Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 13 Agustus 2018

Wadan Kodiklatal Pimpin Pelantikan Dan Penyumpahan Siswa Dikmata TNI AL


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P secara resmi memimpin pelantikan dan penyumpahan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan laut Angkatan ke 38 TA 2018.

Pelantikan yang dilaksanakan di lapangan Kawah Candradimuka Kesatrian Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo tersebut diikuti 750 siswa 490 orang diantaranya Korps Marinir. Hadir dalam penutupan tersebut para Pejabat Utama Kodiklatal diantarannya para Direktur Kodiklatal, Komandan Kodikopsla, para Komandan Kodik, para Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal  Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M menyampikan bahwa selaku Komandan Kodiklatal dirinya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan selama 5 bulan dengan lancar dan selamat.

Dirinya berharap pendidikan di Puslatdiksamil yang telah mengubah sikap para prajurit  yang semula berasal dari masyarakat umum menjadi prajurit TNI Angkatan laut yang tanggap, tanggon dan trengginas serta siap untuk dikembangkan kemampuanya dalam pendidikan dasar golongan lanjutan di Pusdik-pusdik terkait selama empat sampai dengan enam bulan sesuai kejuruan masing-masing.

Adapun yang dimaksud tanggap yaitu prajurit pejuang sapta marga yang memiliki profesi matra laut, terampil dan mahir pada tugasnya serta mampu menjawab berbagai perubahan lingkungan yang terjadi dimasa depan. Tanggon yaitu prajurit pejuang sapta marga yang memiliki profesi matra laut dengan  mental dan moral tinggi serta senantiasa siap dalam setiap penugasan. Sedangkan trengginas yaitu prajurit pejuang sapta marga yang memiliki profesi matra laut dengan kondisi fisisk kesamaptaan yang sehat dan senantiasa ditujukan pada terpenuhinya tuntutan penugasan baik di Kapal maupun di darat.

Pada pelantikan tersebut para siswa secara resmi  berhak atas pangkat kelasi dua bagi pelaut dan prajurit dua bagi korps marinir. Dalam acara tersebut para siswa juga mengucapkan sumpah kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa para siswa akan menjalankan segala kewajiban sebagai seorang prajurit TNI AL dengan penuh rasa tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disisplin keprajuritan.

Kepada para prajurit muda tersebut Dankodiklatal berpesan agar para siswa tidak boleh terus larut dalam kebanggaan menjadi prajurit TNI AL meskipun telah menyandang pangkat. Status sebagai siswa masih harus dijalankan sebaik baiknya, jangan sampai dikembalikan ke masyarakat karena faktor moral, kepribadian dan kesamaptaan jasmani yang kurang. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar