Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 10 Maret 2016

Kodim 0829/Bangkalan Gelar Latnister

KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit satuan kewilayahan, Kodim 0829/Bangkalan menggelar latihan teknis terirorial (Latnister) tahun anggaran 2016. Kegiatan digelar mulai tanggal 10 s.d  18 Maret 2016 yang dipusatkan di halaman Makodim 0829/Bangkalan itu, diikuti sedikitnya ratusan prajurit dari masing-masing perwakilan Koramil 01 s.d 18 se-Kabupaten Bangkalan. Kamis (10/3/2016).

Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Infantri Sunardi Istanto, SH.,  mengatakan, Latnister mengacu kepada 3 metode Binter terbagi dari, pembinaan teritorial adalah segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh serta kemanunggalan TNI-Rakyat untuk mendukung kepentingan pertahanan negara.

Sementara latihan teknis, kata Dandim, latihan pada perorangan atau satuan agar dicapai kecakapan maupun keterampilan teknis dalam menggunakan, melayani ataupun mengarahkan sarana prasarana yang diperlukan untuk dapat melaksanakan tugasnya. Dan, Latnister merupakan latihan yang diprogramkan atau inisiatif Dansat Kowil sesuai kebutuhan meliputi latihan perorangan yang bertujuan meningkatkan kemampuan Kowil dalam melaksanakan pembinaan teritorial.

“Pemberdayaan wilayah pertahanan (Binter) merupakan salah satu tugas pokok dan tanggungjawab komando kewilayahan, dimana pemberdayaan wilayah pertahanan adalah tatanan yang bercorak kewilayahan dan digunakan untuk mengelola potensi wilayah menjadi kekuatan yang diperlukan bagi kepentingan pertahanan negara,” paparnya.

Disampaikannya, tujuan yang dicapai pada Latnister ini adalah memelihara kemampuan teknis bagi satuan kewilayahan dalam pelaksanaan tugas-tugas kewilayahan, sedangkan sasaran latihan secara kualitatif menguasai dan mahir dalam melaksanakan tugas kewilayahan dan ke-masyarakatan.

“Tampilan aparat kewilayahan yang dikehendaki saat ini adalah seorang apkowil yang mampu menjawab segala tuntutan jaman. Dengan segenap pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dan diharapkan seorang Apkowil mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan dan bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat yang berada di wilayah tanggungjawab dimana dia berada,” imbau Letkol Sunardi Istanto. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar