Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 22 Desember 2020

Danrem 152/Babullah Hadiri Apel Operasi Lilin Kieraha


KABARPROGRESIF.COM: (Ternate) Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 Danrem 152/Bbl Brigjen TNI Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan dan Kapolda Ternate Irjen Pol Risyapudin Nursin, memimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Lilin Kie Raha” dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, yang dilaksanakan di halaman MapoldaTernate, Senin (21/12). 

Pada kegiatan Apel Gelar Pasukan ini diikuti 700 personil gabungan TNI Polri, dalam rangka melaksanakan Pengamanan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah Maluku Utara. 

Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan menyampaikan untuk kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 dari Jajaran Korem152/ Bbl  diminta untuk memperkuat jajaran Polri sebanyak 200 orang, namun kita selalu siap menambah pasukan jika diminta untuk membeck up Kepolisian dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru ini. 

Sementara itu dalam amanatnya Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Risyapudin Nursin Mengatakan Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. 

Pengamanan Natal dan Tahun Baru juga melibatkan personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Basarnas, dan instansi lainnya. 

Mengakhiri amanatnya Kapolda mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Kie Raha Tahun 2020 . 

Diiringi doa semoga pengabdian tugas dalam pelaksanaan Operasi ini menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Tidak lupa, pada kesempatan  ini juga Kapolda “mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021”. 

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan tersebut Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan (Danrem 152/Bbl), Ir. H. M. Al Yasin Ali, M.M.T. (Wagub Malut) Kasi Intel Kasrem 152/Bbl Kolonel Inf Wahyu Yudhayana, Kasi Ter Kasrem 152/Bbl Letkol Arh Henri Yudi TERNATE, CN – Kepolisian Negara Republik Indonesia, hari ini (21/12/2020) secara serentak, seluruh Indonesia resmi melaksanakan Operasi Lilin dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, yang dilaksanakan selama 15 hari, terhitung mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, hal tersebut juga dilaksanakan Polda Maluku Utara dengan sandi Operasi Lilin Kieraha Tahun 2020.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polda Maluku Utara tersebut, dihadiri oleh Wakil Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Ali, M.MT, Danrem 152 Babullah Ternate Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan, Kepala Basarnas Provinsi Maluku Utara Muh Arafah S.H, M.Si, Pejabat Utama Polda Maluku Utara, Kapolres Ternate, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Kota Ternate.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K., membacakan Sambutan Kapolri yakni pelaksanaan Operasi Lilin 2020 akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polda di Indonesia selama 15 hari, kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Dalam pelaksanaan Operasi, Polri mengutamakan kegiatan preventif dan humanis serta penegakkan hukum secara profesional dan tegas dan tentunya mengutamakan protokol kesehatan Covid-19, secara keseluruhan Operasi Lilin 2020 Polri menerjunkan 83.917 personil, 15.842 personil TNI, 55.086 gabungan Instansi terkait yang akan di tempatkan di 1.607 Pos pengamanan yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kapolri juga mengingatkan berdasarkan maping keamanan yang dilakukan ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, curas, curat dan tawuran antara kelompok serta bencana-bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Untuk itu kasatwil diharapkan mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif serta cara bertindak yang tepat untuk mengatasi segala ganguan yang ada sesuai dengan karatkteristik wilayah masing-masing,” ucap Kapolri.

Mengakhiri amanatnya, Kapolri juga menekankan agar dalam Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pengamanan dilakukan dengan baik, ikhlas agar mendapatkan perlindungan serta kekuatan dari Allah SWT, dan tak lupa tetap mengedepankan Protokol kesehatan Covid-19 agar dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 tidak menimbulkan Claster baru Covid-19.

Sementara itu Kabidhumas Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rojikan, menambahkan bahwa untuk Polda Maluku Utara dan polres jajaran, personel yang dilibatkan Operasi Lilin Kieraha Tahun 2020 sejumlah 616 personel, personel tersebut akan ditempatkan di pos-pos pantauan yang ada di Kabupaten/Kota di Maluku Utara.

Ia mengatakan, selain Operasi Lilin Kieraha Polda Maluku Utara Tahun 2020, Polda Maluku Utara dan polres jajaran akan melaksanakan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) guna menciptakan situasi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 dapat berlangsung aman dan kondusif.

“Bersama ini dihimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Utara dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, agar dilaksanakan dengan kegiatan positif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya. (Penrem 152/Ar)

0 komentar:

Posting Komentar