Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 30 November 2018

Komandan Lanal Cilacap Tutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam Ta. 2018

KABARPROGRESIF.COM : (Cilacap) Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V, Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, secara resmi menutup Latihan Penanggulangan Bencana

Alam Tahun Anggatan 2018 di Mako Lanal Cilacap Jl. Niaga No.02 Kel. Tambakreja Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap, Jum’at (30/11).

Dalam amanatnya Danlanal menyampaiakan bahwa tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah untuk mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia khususnya di wilayah kabupaten cilacap yang memiliki kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) dalam penanggulangan bencana.

Sasarannya dari latihan ini lanjutnya,  seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan pemahaman tentang dasar-dasar manajemen bencana.

Selama mengikuti latihan, semua tenaga, pikiran dan konsentrasi para peserta terfokus pada materi latihan. Tapi semua pengorbanan ini tidak sia - sia karena saya yakin kalau para peserta telah mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan sebagai bekal untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam secara terpadu, terencana dan berkesinambungan.

Dengan berakhirnya kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini, berarti peserta telah menuntaskan semua tahapan materi latihan secara keseluruhan, namun penilaian keberhasilan suatu latihan bukan diukur dari selesai dan tuntasnya kegiatan latihan tersebut dilaksanakan, tetapi lebih pada pengaplikasiannya di kondisi yang nyata dan sesuai dengan yang telah diberikan.

Hal yang sangat mendasar adalah bagaimana pelaksanaan latihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan personel dalam merespon, berkoordinasi dan bekerjasama (sinergitas) dengan instansi terkait dalam menanggulangi setiap bencana alam.

Sementara segala kekurangan dan kelemahan yang masih dijumpai dalam latihan agar segera diperbaiki dan disempurnakan lagi. Ke depan kita berharap untuk meningkatkan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi setiap ancaman bencana yang terjadi di sekitar kita dengan lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam tersebut. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar