Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 26 November 2018

Puslatdiksarmil Gembleng Siswa Diktukpa 48 di Purboyo, Malang Selatan


KABARPROGRESIF.COM : (Malang) Sebanyak 349 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengikuti Lattek menembak di Purboyo, Malang Selatan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 176 orang siswa yang termasuk dalam Kompi A melaksanakan latihan menembak senjata laras panjang jenis SS1, dan 173 termasuk dalam Kompi B melaksanakan latihan menembak pistol di Lapangan Tembak Purboyo.

Lattek tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Sekolah Perwira (Dansepa) Letkol Laut (KH) Wahyu, SH serta didampingi oleh Mayor Mar I Nyoman Agus. Sedangkan tim pendukung latihan secara keseluruhan berjumlah 82 orang, meliputi Pabingsis, kesehatan, Provost, pengamanan dan bagian kemarkasan.

Ke 349 siswa Diktukpa tersebut terdiri Korps Pelaut 85 orang, Korps Teknik 60 Orang, Korps Elektro 26 orang, Korps Suplay 53 orang, Korps Khusus 13 orang, korps kesehatan 13 orang, Korps Pomal 12 Orang dan Korps Marinir 87 orang.

Menurut Dansepa Letkol Laut (KH) Wahyu, secara keseluruhan, pendidikan Diktukpa akan dilaksanakan selama 10 bulan yang terbagi dalam 2 tahap. Tahap pertama, para siswa akan menempuh pendidikan dasar golongan di Puslatdiksarmil Juanda selama 3 bulan dan tahap kedua, pendidikan dasar golongan lanjutan di Pusdik-Pusdik terkait sesuai dengan kejuruan selama kurang lebih 7 bulan.

“Lattek di Purboyo ini akan berlangsung selama dua minggu, termasuk dalam tahap pendidikan dasar golongan,” ujar Dansepa.

Tujuan pendidikan ini, adalah untuk mendidik dan membentuk para bintara terpilih menjadi perwira TNI AL yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit pejuang saptamarga yang memiliki kesamaptaan jasmani sesuai standar binjas TNI/TNI AL serta dapat dikembangkan sesuai dengan kejuruan masing-masing.

Selama dalam pendidikan, para siswa akan mempelajari banyak pengetahuan, diantaranya kepemimpinan, kultur kehidupan korps perwira TNI Angkatan Laut, jiwa korsa dan kebanggaan sebagai prajurit matra laut yang senantiasa berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Trisila TNI AL dan Delapan Wajib TNI. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar