Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 29 November 2018

Uji Kesiapan Pangkalan, Lantamal V Gelar Uji Terampil Glagaspur 2018


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Guna meninjau sejauhmana kesiapan pangkalan dalam menghadapi tantangan, gangguan dan ancaman,  Pangkalan Utama TNI AL melaksanakan Uji Terampul Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) TA. 2018 yang dinilai Tim Uji Terampil Kolat Armada ll,  Kamis (29/11).

Menurut Asisiten Operasi Danlantamal V,  Kolonel Laut (P) Agus Prabowo, pelaksanaan uji terampil Glagaspur P1, P2  dan L1 L2 untuk untuk unsur Satrol Lantamal V ini mendapatkan

Apresiasi dari tim Kolatarmafa ll berdasarkan hasil penilaian langsung tim penguji di lapangan.

Materi yang diujikan telah dilaksanakan sesuai tahapan latihan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pengakhiran serta tercukupinya software satuan kerja pendukung kesiapan pangkalan.

Hal lain sebagai aspek penilaian bahwa dalam pelaksanaan uji terampil P1 dan P2 senantiasa dilaksanakan dengan keseriusan, semangat tinggi, kecepatan serta kekompakan dari segenap prajurit dan PNS Lantamal V.

Adapun rangkaian kegiatan puncak uji terampil Glagaspur P1dan P2 Lantamal V ini lanjutnya,  dilaksanakan sejak mulai hari Rabu (28 - 29/11) meliputi uji tertulis setiap bidang tugas dan pelaksanaan drill di lapangan meliputi materi Kebaharian dan Kepelautan antara lain Peluit Khas TNI Angkatan Laut, Tali Temali dan Prosedur Komunikasi, Bongkar Pasang Senjata.

Kemudian Peraturan Baris Berbaris (PBB), Menembak Laras Pendek Pistol G-2 Combat dan Laras Panjang SS-2, Evakusi Medis, Penindakan Huru Hara (PHH), Pengendalian Masa (Dalmas), Anti Sabotase dan Teror, Peran/Aksi Tempur Bahaya Umum, Peran/Aksi Tempur Bahaya Udara dilanjutkan Peran/Aksi Penanggulangan Kebakaran (PEK) pangkalan yang disimulasikan akibat serangan pesawat lawan, api dapat dipadamkan segera oleh prajurit PEK Lantamal V.

Sebagai kesimpulan akhir dari Katim Penguji Glagaspur P1 dan P2 Kolatarmada II, Latkol Laut (P)  Mansur menyampaikan bahwa hasil uji terampil Glagaspur P1 dan P2 Lantamal V Tahun 2018 ini, mengalami peningkatan signifikan dari hasil penilaian tahun 2017.

Hal ini sebagai bukti bahwa kurun waktu 1 tahun pola pembinaan kesiapan Pangkalan Utama TNI AL V telah dilaksanakan dengan baik oleh Danlantamal V selaku pemegang Komando maupun segenap prajurit dan PNS Lantamal V. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar