Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 19 Mei 2018

Komandan Lantamal V Hadiri Sertijab Danguspurla Armada II


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., menghadiri upacara serahterima jabatan Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada II (Danguspurla Armada II) yang dilaksanakan di Indoor Sport Mako Koarmada II, Ujung Surabaya, Sabtu (19/5) petang.

Selain serah terima jabatan Danguspurla Armada II dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han)., kepada Kolonel Laut (P) Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan serah terima jabatan Dansatfibarmada ll dari Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M., kepada Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono.

Kemudian Dansatbanarmada II dari Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., kepada Kolonel Laut (P) Anung Susanto, S.Sos, dan Pengukuhan jabatan Danguskamlaarmada ll kepada Kolonel Laut (P) Kisdiyanto, serta Penyerahan jabatan Dankolatarmada ll dari Kolonel Laut (P) Kisdiyanto kepada Pangkoarmada II. Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Pangarmada II Laksamana Muda TNI. Didik Setiyono SE, MM .

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Staf Armada II, para Komandan Lantamal Jajaran Koarmada II, Asisten Pangarmada II, Ir Armada II dan Sahli Pangarmada II serta para Kasatker serta Komandan Unsur di Pangkalan Surabaya.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari satu SST Pamen, satu SST Pama Armada II, satu SST Bintara Armada II, satu SST Tamtama Armada II, satu SST PNS Armada II dan satu Unit Satsik Lantamal V.

“Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya, pada hari yang berbahagia ini kita dapat melaksanakan upacara serah terima jabatan Danguspurlaarmada II, Dansatfibarmada ll, Dansatbanarmada II, Pengukuhan Danguskamlaarmada ll dan penyerahan jabatan Dankolatarmada ll dalam keadaan sehat wal'afiat,” ujar Pangarmada II.

Pertahanan dan keamanan negara dilaut mencakup aspek-aspek penanggulangan ancaman, gangguan dan pelanggaran hukum di laut sesuai dengan eskalasinya. Upaya-upaya penindakan dapat dilakukan adalah dengan menghadirkan kekuatan unsur KRI untuk melakukan penangkalan dan cegah dini terhadap kemungkinan kerawanan dilaut, tindakan antisipasi dilaksanakan dalam bentuk pola pendeteksian, kehadiran dilaut, pengawasan daerah perbatasan, pulau-pulau terluar serta penindakan apabila terjadi pelanggaran hokum dilaut.

Guspurla Koarmada ll sebagai Komando Pelaksana Operasi yang memiliki tugas pokok melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut yang meliputi operasi tempur laut dan operasi amfibi, baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut. dengan tugas yang sangat kompleks tersebut, Guspurla Koarmada ll dituntut untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan operasional.

Dengan luasan perairan Koarmada II, maka penyelenggaraan operasi tempur laut di Wilayah Tengah Indonesia masih harus terus ditingkatkan, karena berbagai pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut masih sering terjadi dan sebagai aparat penegak hukum di laut, Guspurla Koarmada II dituntut memiliki kemampuan penguasaan dan pemahaman profesionalisme dalam melaksanakan tugas operasi tempur laut sehingga segala permasalahan di lapangan dapat diselesaikan secara efektif, efisien dan proporsional.(arf)

0 komentar:

Posting Komentar