Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 06 November 2018

Satgas Lattek Wira Jala Yudha VIII/2018 Kodiklatal Gelar kegiatan Bhakti Sosial di Banyuwangi


KABARPROGRESIF.COM : (Banyuwangi) Sebanyak 370 prajurit siswa Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang tergabung dalam Satuan Tuhgas (Satgas) Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018 menggelar kegiatan bakti sosial di Kabupaten Banyuwangi.

Adapun kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di kabupaten paling Timur Pulau Jawa dengan julukan The Sunrise Of Java tersebut antara lain penanaman pohon dan  embersihan pantai yang berlokasi di Pantai Cemara serta kegiatan donor darah yang dilaksanakan diatas Geladak KRI Surabaya 591.

Kegiatan bakti sosial sebagai bentuk pengabdian prajurit Kodiklatal terhadap masyarakat Banyuwangi tersebut dibuka langsung Kolonel Laut (P) Tunggul selaku Direktur Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan siswa Wira Jala Yudha VIII/2018. Hadir dalam pembukaan bakti sosial tersebut antara lain Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya, M.Tr. (Hanla), Palaklat Satgas Letkol Laut (P) Hasto Sarwono, S.E., M.Tr. (Hanla), Staf Satgas, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) serta Pramuka Saka Bahari Binaan Lanal Banyuwangi.

Kolonel Laut (P) Tunggul selaku Direktur Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan siswa Wira Jala Yudha VIII/2018 dalam sambutanya menyampaikan ucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir saat ini,  atas kepedulian dan peran serta untuk mendukung program penghijauan yang dilaksanakan oleh Satgas Wirajala Yudha VIII/2018 Kodiklatal.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa fungsi pohon sangat besar sekali dalam mencegah dan mengatasi serta melindungi garis pantai wilayah pesisir. Menurutnya kondisi hutan bakau di seluruh dunia saat ini sudah mulai kritis yang disebabkan oleh tingginya pencemaran pantai dikarenakan limbah industri, limbah cair seperti diterjen dan tumpahan minyak.

Penyebab kerusakan lainya adalah banyaknya alih fungsi lahan bakau yang menjadi tambak, pengembangan pabrik dan perumahan penduduk di pesisir pantai. Oleh karena itu kerusakan yang mengakibatkan matinya pohon bakau harus kita cegah dengan cara menanam kembali pohon pohon didaerah pantai seperti yang dilakukan saat ini.

Pamen melati tiga dipundak ini berharap dari pelaksanaan kegiatan bhakti sosial berupa penanaman pohon bakau  dan pembersihan di pantai cemara ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan dan memperluas area pohon bakau diwilayah pesisir untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang hijau dan aman untuk masyarakat wilayah pesisir.

Sedangkan dari pelaksanan kegiatan Sosisal donor darah di KRI Surabaya 591 tersebut Dansatgas berharap dengan terkumpulnya ratusan kantong darah bisa membantu masyarakat Banyuwangi yang membutuhkan tranfusi darah, bila mana stok darah dikantor PMI Banyuwangi mengalami kekurangan stok darah. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar