Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 19 Mei 2019

Tercatat 11 Kali Wali Kota Risma Kunjungi Rumah Keluarga Anggota KPPS yang Meninggal


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sehari melakukan dua takziah sekaligus ke rumah duka keluarga anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal usai menjalankan tugas pada Bulan April lalu. Terhitung sampai hari ini, Sabtu (18/05), total kunjungan yang sudah dilakukan Wali Kota Risma sebanyak 11 kali.

Pada kunjungan yang pertama, Wali Kota Risma tiba di rumah duka almarhum Sukardji (60) di Jalan Lasem No. 2 Gang Buntu, Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan Surabaya. Sukardji merupakan anggota KPPS Tempat Pemungutan Suara (TPS) 36 Dupak Krembangan yang mengalami sakit setelah tertimpa meja di TPS tempat ia bertugas.

Dalam kesehariannya, almarhum Sukardji merupakan seorang pensiunan PNS yang sempat dinas di Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Ia hidup bersama tiga orang anaknya, yakni Endah Pratiwi (29), Anjar Indah (27), Rahmad Dhani (22), bersama satu menantu, satu cucu, dan seorang istri bernama Endang Sumarni (51).

Dalam kunjungan tersebut, wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu dengan seksama mendengarkan kronologi cerita meninggalnya almarhum dari sang istri. Ia juga menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas apa yang menimpa almarhum Sukardji.

“Pripun (bagaimana) bu, sakit apa ayahnya? yang dikeluhkan apa,” tanya Wali Kota Risma sembari bersalaman dengan istri almarhum.

Istri almarhum, Endang Sumarni, langsung menceritakan kronologi sebelum suaminya meninggal. Dalam waktu satu hari, almarhum berpindah di tiga rumah sakit. Setelah menggeluh sakit usai kejatuhan meja di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Jumat (26/4). Kemudian almarhum Sukardji dibawa ke RS PHC dan dirujuk ke RS Airlangga hingga meninggal dunia.

Setelah mendengar cerita tersebut, Wali Kota Risma juga bertanya terkait kondisi anak-anak almarhum. Seketika itu, anak ketiga almarhum Sutardji, Rahmad Dhani, menceritakan kondisinya yang tidak dapat menuntaskan sekolah jenjang strata satu akibat minim biaya. Kini Rahmad lebih memilih untuk berdagang. Mendengar hal tersebut, Wali Kota Risma langsung menawarkan kepada Rahmad untuk bergabung dalam binaan Pejuang Muda, agar usahanya itu bisa lebih berkembang.

“Ayo kalau kamu mau usahamu makin lancar, nanti ikut di Pejuang Muda pelatihan-pelatihan untuk jadi pengusaha yang sukses. Nanti juga saya undang untuk datang ke Gedung Siola lantai 4, nanti ada pengarahan dari saya di situ nanti juga kumpul dengan banyak peserta,” ujar Wali Kota Risma kepada Rahmad.

Wali Kota Risma juga memastikan bahwa pihaknya siap membantu dan mendorong anak keluarga almarhum, agar usaha yang ia jalankan bisa lebih berkembang. Namun begitu, ia berharap kepada anak almarhum agar mau bersungguh-sungguh mengikuti program-program pelatihan Pejuang Muda.

“Saya dukung kamu, semua itu pasti bisa, tinggal kita mau apa tidak,” tuturnya.

Istri almarhum, Endang Sumarni, terlihat tak percaya jika pejabat nomor satu di jajaran lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sampai datang takziah ke rumahnya. Ia pun bersyukur bisa bertemu langsung dan menyampaikan uneg-uneg kepada wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.

"Terima kasih Bu Risma sudah mau datang ke sini, keluarga sangat terharu sudah mau datang ke rumah,” kata Endang.

Usai bertemu dengan keluarga almarhum Sukardji, Wali Kota Risma bersama jajarannya kemudian melanjutkan kunjungan takziah. Pada kunjungannya yang ke-11 ini, ia menuju rumah duka keluarga almarhum Muhammad Syaiful Arief (69) di Jalan Demak Timur Gang 3 No. 5A, Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan Surabaya. Almarhum tercatat sebagai Ketua TPS 40 Gundih di Demak Timur 3 No. 11 Surabaya.

Almarhum dalam kesehariannya merupakan seorang wirausaha dalam bidang mebel. Ia meninggalkan tiga orang anak, satu pria dan dua wanita, serta seorang istri yang bernama Hartutik (60).

Pada kesempatan itu, hal yang sama juga dilakukan Wali Kota Risma kepada keluarga almarhum Muhammad Syaiful Arief. Dalam pertemuan dengan keluarga almarhum, Wali Kota Risma coba manfaatkan untuk memahami dan menggali data permasalahan yang ada. Harapannya, ia bisa membantu mencarikan solusi atas masalah yang menimpa keluarga almarhum.

Wali Kota Risma mengungkapkan, bahwa setiap keluarga yang ditinggal, memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Karena itu, ia menyebut, bahwa treatment atau cara penyelesaian masalah yang dilakukan juga berbeda-beda.

“Penyelesaiannya tidak bisa sama karena masalahnya beda-beda, namun yang paling penting adalah sustainability. Karena itu kita bantu coba selesaikan masalahnya, supaya bebannya terkurangi. Bagaimana pun beliau-beliau ini sudah membantu dan telah berjasa,” pungkas Wali Kota Risma. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar