Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 23 Februari 2018

Wali Kota Risma Pimpin Apel Peringatan Hari Pekerja di Taman Surya


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar peringatan Hari Pekerja Nasional tahun 2018 di Taman Surya, Sabtu (24/2/2018) besok. Rencananya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan memimpin langsung acara yang dihadiri oleh ribuan pekerja se Surabaya itu.

Kepala Bidang Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Jamsostek Rizal Zainal Arifin mengatakan tanggal 20 Februari ditetapkan sebagai Hari Pekerja Nasional melalui surat Keputusan Presiden nomor 9 tahun 1991 tentang Hari Pekerja Indonesia. Di Surabaya, peringatan Hari Pekerja Nasional sudah konsisten digelar sejak tahun 2012 hingga saat ini.

“Tahun 2018 ini, kami gelar kembali Sabtu besok, dimulai sekitar pukul 07.30 WIB di Taman Surya. Besok akan ada apel yang diikuti oleh perwakilan anggota serikat pekerja/serikat buruh yang ada di Surabaya,” kata Rizal saat jumpa pers di Kantor Hubungan Pemkot Surabaya, Kamis (22/2/2018).

Menurut Rizal, apel peringatan Hari Pekerja Nasional itu akan diikuti oleh sekitar 2.546 orang. Meraka berasal dari 32 DPC Serikat Pekerja/Serikat Buruh se Surabaya yang masing-masing mengirimkan peserta apel sebanyak 73 orang dan totalnya sekitar 2.336 orang.

Selain itu, peserta apel juga berasal dari Brigade SPSI sebanyak 30 orang, Satgassus RTMM SPSI sebanyak 30 orang, Rajawali LEM SPSI sebanyak 30 orang, Laskar SPN Surabaya sebanyak 30 orang, Garda Metal sebanyak 30 orang dan persnil Drum Band SPSI sebanyak 60 orang.

“Besok, Bu Wali dijadwalkan menjadi pembina apel yang sekaligus akan memberikan arahan kepada para pekerja se Surabaya,” ujarnya.

Adapun tema peringatan Hari Pekerja Nasional tahun 2018 adalah “Meningkatkan sinergitas antara pekerja dan pengusaha guna mewujudkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat Kota Surabaya”. Melalui apel ini, diharapkan terwujud kebersamaan dan penyamaan persepsi tentang pentingnya peran serta pekerja dalam menciptakan dan tetap menjaga kondusifitas hubungan industrial di Kota Surabaya.

“Hal ini juga untuk mempertahankan iklim usaha/investasi di Kota Surabaya yang sudah cukup kondusif selama ini. Bahkan, peringatan ini juga akan menjadi momentum untuk meningkatkan sinergitas antar pelaku hubungan industrial, sehingga dapat terwujud kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat Surabaya dalam kerangka hubungan industrial pancasila,” tegasnya.

Rizal menambahkan, momentum peringatan Hari Pekerja Nasional ini selalu ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Sebab, negara atau pemerintah telah mengakui eksistensinya dan peran pentingnya dalam mewujudkan tujuan negara dan pembangunan nasional, yaitu mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia.

“Pekerja juga sebagai tonggak sejarah bersatunya pekerja Indonesia dalam sistem hubungan industrial yang berlandaskan pancasila,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh rekan-rekan serikat pekerja/serikat buruh yang ada di Kota Surabaya. Sebab, mereka telah berkontribusi dalam menciptakan kondisi hubungan industrial yang kondusif dan harmonis di Surabaya.

“Kami juga mengucapkan selama Hari Pekerja Indonesia tahun 2018. Semoga seluruh pekerja Kota Surabaya dapat meningkatkan kesejahteraan sosial ekonominya,” harapnya.

Rizal juga memastikan, untuk memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pekerja di Surabaya, Pemkot Surabaya telah menyediakan acara hiburan seusai apel besok, diantaranya ada panggung hiburan, pembagian doorprize, pembagian ribuan sembako dan disediakan angkringan untuk makan siang.

“Nanti akan ada sekitar 3 ribu sembako yang dibagikan kepada para pekerja. Ada pula doorprize yang sifatnya produktif seperti mesin jahit dan sebagainya. Harapannya, doorprize ini bisa digunakan oleh para pekerja untuk usaha lainnya,” pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar