Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 23 Februari 2018

Sekjen Tekankan Calon Kepala Daerah PDIP Dukung Jokowi


KABARPROGRESIF.COM : (Jakarta) Sekjen PDIP Hasto Kristianto mensyaratkan seluruh calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP pada perhelatan Pilkada serentak tahun ini berkomitmen mendukung dan memenangkan Jokowi pada Pilpres 2019 di daerahnya masing-masing.

"Para calon kepala daerah tentu membawa konsekuensi satu nafas agar mereka turut mendukung dan memenangkan Pak Jokowi di Pilpres 2019," ujar Hasto di Prime Plaza Hotel, Sanur, Bali, Jumat (23/2).

Hasto mengatakan komitmen dukungan itu seiring dengan semangat PDIP yang mendorong semangat pembangunan Berdikari secara selaras dan berkesinambungan baik di daerah maupun pusat.

"Kami ingin mendorong kepala daerah secara vertikal dan horizontal juga didorong, karena ini yang harus didorong oleh seluruh kader PDIP," kata Hasto.

Konsekuensi

Hasto berujar akan ada konsekuensi lanjutan dari PDIP bagi para calon kepala daerah yang tak berkomitmen mendukung Jokowi.

Ia enggan menyebut konsekuensi apa yang akan diberikan parpol kepada para kepala daerah tersebut. Hasto mengatakan akan mengajak berdialog dengan para kepala daerah yang nantinya abai untuk mendukung Jokowi di Pilpres.

"Ya tentu saja akan mempertimbangkan hal tersebut, kita adakan dialog meminta dan memberikan penjelasan kepada mereka," kata Hasto.

Berbeda dengan anggota legislatif yang bisa diberlakukan sanksi penarikan bagi para kader yang dianggap tak selaras dengan tujuan parpol, Hasto mengatakan kepala daerah tak bisa diberikan sanksi yang serupa.

"Karena ini berbeda, kalau anggota legislatif yang ga punya komitmen kan kami bisa melakukan penarikan, Tapi kalau eksekutif dipilih oleh rakyat, mereka punya basis legalitas, ga bisa seperti itu," kata Hasto.

Komitmen dukungan

Hasto berharap agar ajang rapat kerja nasional (Rakernas) PDIP III yang dilakukan pada 23-25 Fenruari 2018 itu bisa dijadikan ajang soliditas dan komitmen bagi para calon kepala daerah untuk mendukung Jokowi di Pilpres.

"PDIP hanya meminta dukungan kepada seluruh calon kepala daerah untuk pendukung pemerintahan pak Jokowi," pungkas Hasto.

Diketahui, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Atas kepercayaannya itu, Jokowi mengucapkan terimakasih kepada Megawati yang kembali memberikan kepercayaannya atas pencalonannya tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yg diberikan terlebih dgn tema Rakernas ketiga adalah pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya," ujar Jokowi. (rio)

0 komentar:

Posting Komentar