Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 25 Februari 2018

OJK Bekerjasama BEI Gelar Edukasi Pasar Modal Terpadu


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Otoritas Jasa Keuangan Bidang Pengawasan Sektor Pasar Modal bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia ( BEI ) bersama Stokeholder menggelar Kegiatan Bertajuk  Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2018.

Kegiatan tersebut merupahkan kegiatann Tahunan  yang digelar di berbagai Kota di Indonesia dan Surabaya Tahun 2018 menjadi tuan rumah dalam Penyelenggaraan SEPMT.

Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2 A . iB. Aditya Jayaantara mengatakan.Digelarnya kegiatan Program SEMPT di Kota Surabaya ini  tujuannya yang pertama adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya di daerah, atas informasi aktual perkembangan di Pasar Modal, kedua untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam berinvestasi yang cerdas dan aman, ketiga sebagai bentuk ajakan persuasif kepada masyarakat untuk dapat menjadi investor di Pasar Modal, dan yang terakhir adalah sebagai wujud kongkret dari recycle pungutan OJK.

" Berdasarkan survei indeks literasi keuangan tahun 2016, indeks Pasar Modal Nasional sebesar 4,4 Persen meningkat dari yang sebelumnya di tahun 2013 yaitu  sebesar 3,79 Peesen artinya dari 2013 – 2016 mengalami peningkatan sebesar 0,61 Persen." katanya.

Sedangkan untuk indeks inklusi Nasional tahun 2016 Masih Kata I B Aditya, mengalami peningkatan dari 0,11 Persen di tahun 2013 menjadi 1,25% di tahun 2016, meningkat sebesar 1,14 Persen.

"  Melalui kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Pasar Modal khususnya di Kota Surabaya.," ujarnya.

Menurutnya, Target di Program kegiatan tersebut adalah para pelaku bisnis, wartawan, Dosen, Pengajar dan Mahasiswa di daerah serta pejabat pegawai Kantor OJK. Adapun kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 21 s.d. 23 Februari 2018  di Surabaya, yakni:

OJK Pasar Modal Mengajar kepada pelajar di SMA Negeri 5 Surabaya;
Sosialisasi Peraturan OJK Nomor 58/POJK.04/2017 terkait E-registration dan Nomor 60/POJK.04/2017 terkait Green Bond dalam acara Temu Konsultasi Anggota AEI Jawa Timur;
Media Gathering bersama rekan wartawan di Surabaya.

Seminar Investasi Pasar Modal kepada civitas akademika di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur; dan Pendalaman Materi Pasar Modal kepada rekan-rekan pegawai Kantor Regional dan Kantor OJK di Jawa Timur.

Kegiatan Pendalaman Materi Pasar Modal kepada pegawai KR dan KOJK di Jawa Timur sendiri bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta penyamaan persepsi pegawai KR dan KOJK terkait update kebijakan dan issue Pasar Modal di daerah. Fokus yang diangkat kali ini ada 2 (dua) yaitu:
Sosialisasi POJK Nomor 60/POJK.04/2017 mengenai Efek Utang Berwawasan Lingkungan (Green Bond) yang diterbitkan dalam rangka mendukung program Pemerintah RI yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tahun 2005-2025 yaitu mewujudkan Indonesia asri dan lestari antara lain dengan cara pemanfaatan ekonomi sumber daya alam dan lingkungan yang berkesinambungan.

Selain itu ada juga POJK Nomor 58/POJK.04/2017 mengenai E-registration yang bertujuan untuk dapat menciptakan suatu layanan kepada stakeholder yang lebih efisien dan transparan. Hal ini dilakukan dengan cara penyampaian Pernyataan Pendaftaran atau pengajuan aksi korporasi secara elektronik melalui sistem yang saat ini dikenal dengan nama Sistem Perijinan dan Registrasi Terintegrasi di OJK (SPRINT).

" Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pegawai OJK di daerah sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan juga stakeholder khususnya di daerah Jawa Timur." pungkas Aditya. (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar