Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 23 Februari 2018

Puncak HPSN 2018, Akan Diikuti Sebanyak 11.000 Orang


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 februari, Pemerintah menggalakkan program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dengan Tema “Sayangi Bumi”, Bersihkan dari Sampah!”. Beberapa rangkaian kegiatan sosialisasi dan bersih-bersih sampah di Kota Surabaya telah dilaksanakan di beberapa tempat. Untuk puncaknya, akan dilaksanakan pada tanggal 24 februari 2018, yang melibatkan sekitar 11.000 orang, bertempat di kaki-kaki Jembatan Suramadu Surabaya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Chalid Buhari menyampaikan bahwa untuk puncak serangkaian acara peringatan HPSN tahun 2018, nanti akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 februari 2018, yang akan dipusatkan di kaki-kaki Jembatan Suramadu Surabaya.

“Acara nanti akan dimulai sekitar pukul 06.00 pagi, lokasinya akan terbagi menjadi tiga zona,” kata Chalid, dalam acara jumpa pers yang bertempat di kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jum’at (23/02/17).

Disampaikan Chalid, dalam acara puncak HPSN tahun 2018 nanti akan diikuti sekitar 11.000 orang dari seluruh Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Faskel, Lantamal, PDAM, BNI, Bank Jatim, Korem, dan beberapa Sekolah di Surabaya.

Kegiatannya yaitu, lanjut dia, bersih-bersih sampah secara bersama di area sekitaran kaki-kaki Jembatan Suramadu Surabaya, “Nanti sampah-sampah itu akan kita pilah dan akan kita serahkan ke Bank Sampah untuk diolah kembali,” tuturnya.

Sebelumnya, kata Chalid, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi dan kampanye bersih dari sampah di beberapa lokasi, yaitu JL. Darmo (Taman Bungkul), Car Free day JL. Tunjungan, Kawasan JL Dharmawangsa, Sekitaran Masjid Al-Akbar Surabaya, Sekitaran Monumen Tugu Pahlawan serta Sekolah negeri dan swasta di Kecamatan Semampir dan akan dilanjutkan kembali ke area pasar, taman, dan tempat wisata.

“Serangkaian kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dimulai dari tanggal 15 januari hingga 24 maret 2017,” terangnya.

Menurut data DKRTH Kota Surabaya menyebutkan, timbulan sampah di Kota Surabaya setiap harinya berkisar 9.896,78 m3/hari. Sedangkan, sampah yang diolah TPA Benowo rata-rata 1.628,20 ton/hari, untuk penanganan sampah di rumah kompos, 3R (pemilahan sampah di TPS) rata-rata 1.564,31 m3/hari, sehingga penanganan sampah di Kota Surabaya sudah mencapai 70%.

Disamping itu, pengurangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat, bank sampah dan pengurangan sampah disumber non rumah tangga rata-rata 2.458,19 m3/hari, sehingga pengurangan sampah di Surabaya mencapai 24,84%.

Diketahui, TPA Benowo dalam mengolah sampah menggunakan metode Sanitary Landfill dan teknologi Gasifikasi untuk menghasilkan energi listrik (Waste to Energy), dengan kapasitas produksi listrik 2 MW dan yang dimanfaatkan oleh PLN sekitar 1,65 MW.

Chalid menambahkan, pihaknya mengaku optimis untuk mencapai target nasional yang ditetapkan pada Peraturan Presiden No. 97 Tahun 2017 yaitu pada tahun 2025 terdapat pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70%.

“Insya Allah kita optimis untuk mencapai target itu. Karena, sejak tahun 2015 Perda terkait sampah itu sudah kita lakukan,” pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar