Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 24 Mei 2017

Ribuan Prajurit Marinir Lintasi Lautan Pasir Bromo

 
KABARPROGRESIF.COM : (Probolinggo) Ribuan prajurit Marinir dari Pasmar-1 melintasi lautan pasir Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dalam lintas medan yang diikuti sejumlah petinggi Mairnir di wilayah Surabaya, (22/5/2017).

Kegiatan Lintas Medan (Limed) yang dipimpin Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, juga diikuti Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada, Komandan Menbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Edi Cahyo Sumarno, Komandan Menart-1 Mar Kolonel Marinir Ainur Rofiq, Komandan Menkav-1 Mar Kolonel Marinir Agung Trisnanto, Asops Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Nanang Saefulloh, Asrena Danpasmar-1 Kolonel Marinir Ruslan Arif, Seluruh komandan satuan Pasmar-1 dan ribuan prajurit Marinir.

Limed dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) Tri Wulan II Tahun 2017 ini dibagi menjadi dua etape. Etape satu dilaksanakan dari dua titik pemberangkatan yang berbeda, yaitu titik start di Sukopuro diikuti prajurit dari Menkav-1 Mar, Menart-1 Mar, Menbanpur-1 Mar dan Denma Pasmar-1.

Titik pemberangkatan yang kedua dari lapangan Desa Wringin Anom dengan peserta prajurit Brigif-1 Marinir. Kedua etape itu bertemu di titik finish di lautan pasir Gunung Bromo.

Untuk etape kedua, start dari lautan Pasir Gunung Bromo dan finish di lapangan sepak bola Desa Puspo, Kabupaten Pasuruan, dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer.

Sebelum memberangkatkan peserta Lintas Medan, Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman menyampaikan kepada seluruh prajurit agar melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh dan mengutamakan faktor keamanan sehingga kegiatan benar-benar terhindar dari kecelakaan.

Selain itu, prajurit juga diminta menjaga kerja sama tim dan berbagai pengguna jalan lain karena rute yang dilewati merupakan akses jalur wisata.

“Rute yang dilalui penuh tantangan, yaitu tanjakan dan turunan yang tajam, sehingga tidak hanya diperlukan fisik yang prima, tetapi mental juga sangat menentukan untuk menyelesaikan Lintas Medan ini hingga ke garis finish,” kata orang nomor satu di jajaran Pasmar-1 itu.

Lebih lanjut Danpasmar-1 mengatakan, kegiatan Lintas Medan tersebut merupakan puncak dari Latihan Satuan Dasar (LSD) Tri Wulan II TA.2017 yang sebelumnya satuan-satuan di jajaran Pasmar-1 telah melaksanakan latihan sesuai kecabangannya.

Untuk Brigif-1 Marinir dilaksanakan di Pantai Tamban, Pantai Ngudel dan wilayah Malang Selatan, sedangkan Menbanpur-1 Mar, Menart-1 Mar dan Menkav-1 Mar melaksanakan latihan di Karangtekok, Kabupaten Situbondo.

Kegiatan Lintas Medan, kata jenderal Marinir berbintang satu itu, mendapat respons dari masyarakat yang dilalui. Hal itu terlihat dengan adanya beberapa warga yang berfoto dengan prajurit, bahkan tidak sedikit warga yang berselfie dengan latar belakang prajurit. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar