Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 30 Maret 2023

Puluhan Wisman Kapal Pesiar Jelajahi Destinasi Wisata Surabaya


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Puluhan wisatawan mancanegara (Wisman) menjelajahi sejumlah destinasi wisata di Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/3). 

Puluhan Wisman dari sejumlah negara ini pun terlihat tampak sumringah. Terlebih, saat mereka tiba di Balai Kota Surabaya disambut penampilan seni tradisional.

Puluhan wisatawan mancanegara tersebut, merupakan penumpang dari Kapal Pesiar Seabourn Sojourn. 

Kapal berbendera Bahama ini sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Kamis (30/3) pagi.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati memastikan, pihaknya akan terus memaksimalkan kunjungan wisatawan mancanegara. Salah satunya melalui kapal-kapal pesiar.

"Kita memaksimalkan kunjungan wisatawan melalui kapal-kapal pesiar. Hari ini ada Kapal Pesiar Seabourn Sojourn itu turun ke Surabaya," kata Wiwiek di Balai Kota Surabaya, Kamis (30/3).

Wiwiek mengungkapkan, kurang lebih 90-an wisman penumpang Kapal Pesiar yang memilih paket destinasi wisata Surabaya. 

Paket kunjungan wisata yang mereka pilih di antaranya, Balai Kota Surabaya, Pura Jagat Karana, Arca Joko Dolog, Monumen Kapal Selam (Monkasel) hingga Pasar Bunga Kayoon.

"Jadi itu adalah paket yang biasa sudah kita jual. Tapi pastinya kita juga harus mengeksplor untuk destinasi yang lain, yang bisa kita jual (tawarkan)," terangnya.

Selain disuguhi kesenian, pihaknya juga mengajak para wisman ini untuk berbelanja di Sentra UMKM yang berada di Lobi Lantai 1 Balai Kota Surabaya. 

Tak ayal, banyak di antara mereka lantas berbelanja dan membeli oleh-oleh produk UMKM Kota Pahlawan.

"Tadi mereka juga melihat artefak Patung Joko Dolog yang di sana, yang mereka minati. Kalau yang di Pasar Bunga Kayoon, mereka ikut ada workshop merangkai bunga," ungkapnya.

Pihaknya berharap, kunjungan wisman ke Kota Pahlawan ini dapat memberikan dampak ekonomi UMKM Surabaya. 

Menurutnya, paket destinasi wisata yang disiapkan, merupakan salah satu cara untuk mempromosikan Kota Surabaya. 

"Sebenarnya ini cara kita dalam mempromosikan kota, terutama yang kita tawarkan destinasinya, terus juga produk UMKM," sebutnya.

Selain Seabourn Sojourn, Wiwiek mengungkapkan, pada tanggal 8 April 2023, Kapal Pesiar Viking rencananya juga bersandar di Kota Surabaya. 

Sedangkan untuk total kunjungan pada tahun 2023 ini, rencananya ada 13 kapal pesiar yang bersandar di Kota Pahlawan. 

"Tahun 2023 ini kurang lebih ada 13 kapal pesiar. Namun itu bisa bertambah," ujar Wiwiek.

Wiwiek mengaku optimis, pada tahun 2023 ini kunjungan wisman ke Kota Surabaya akan meningkat dari tahun sebelumnya. 

Pihaknya mencatat, pada tahun 2022, kurang lebih ada sekitar 560 ribu wisman yang telah berkunjung ke Kota Surabaya. 

"Jadi total tahun 2022 kita kan dapat sekitar 13 ribu lebih itu domestik, dan 560 ribu adalah wisman. Harapan kita kan (tahun 2023) semakin tambah," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar