Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 03 September 2018

Komandan Kodiklatal Tutup Dua Program Pendidikan Perwira


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., secara resmi menutup dua program pendidikan yang berada dibawah Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal.

Kedua program tersebut adalah Pendidikan Matra (Dikmatra) 2 yang diikuti 15 siswa dan Pendidikan Aplikasi (Dikaplikasi) 2 yang diikuti 25 siswa. Adapun Penutupan Dikmatra-2 dan Dikaplikasi-2 tersebut dilaksanakan di gedung Betelgeuse Pusdiklapa Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Senin, (3/9).

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. di awal sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan di Pusdiklapa Kodiklatal, dengan harapan bekal berupa teori, doktrin, strategi dan kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut, serta kegiatan yang terakhir yaitu Lattek Olah Yudha Operasi Amfibi dan operasi operasi pendaratan administrasi, mampu di pahami dengan baik dan benar.

Lebih lanjut disampaikan, sebagai jenjang pendidikan  pengembangan umum tertingi di Kodiklatal, maka hasil didik Dikmatra-2 dan Dikaplikasi-2 diarahkan agar mampu mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen, mampu merencanakan dukungan logistik operasi laut setingkat gugus tugas serta mampu merencanakan operasi amfibi sesuai prosedur dengan baik dan benar.

“Dengan berakhirnya pendidikan ini, bukan berarti proses belajar para perwira selesai, karena apa yang diperoleh selama pendidikan disini masih memerlukan pengembangan dan pemantapan lebih lanjut. Keberhasilan saudara dalam menyelesaikan pendidikan ini hanyalah sebagai penopang dalam memasuki penugasan yang lebih luas.” Tegas Komandan Kodiklatal.

Disisi lain Komandan Kodiklatal menyampaikan bahwa Dalam mewujudkan visi TNI AL yang andal dan disegani serta berkelas dunia, para perwira memiliki kedudukan yang sangat menentukan untuk menjadi panutan bagi anggota serta unsur pemimpin di bawahnya, sehingga profesionalisme saja idak cukup tanpa  di imbangi dengan jiwa kepemimpinan yang berkarakter, etos kerja yang tangguh dan moralitas yang tinggi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Dankodilatal memberikan beberapa arahan antara lain, agar selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai dasar dalam pelaksanaan tugas, selain itu para prajurit agar senantiasa memegang teguh nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

Selain itu agar setiap prajurit menumbuhkan sikap keteladanan untuk meningkatkan kinerja anggota guna memberikan kemampuan terbaiknya bagi oganisasi, menunjukkan kualitas pribadi dengan memberikan kontribusi positif pada satuan pengguna sehingga pendidikan ini benar-benar berhasil menempa perwira untuk menjadi prajurit TNI AL yang bermoral, profesional dan berani serta mengembangkan kemampuan diri dalam kompetisi yang sehat dan dinamis.

Tampak hadir pada acara tersebut, Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M., para Direktur Kodiklatal, Dankodikopsla, Irkodiklatal, para pejabat utama Kodiklatal, Komandan Pusdik, Komandan Puslat dan Komandan Pusdik jajaran Kodiklatal. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar